Wasiat Agung Negeri Nusantara (warisan), Pameran

Pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) merupakan salah satu pameran produk-produk kerajinan khas Indonesia yang diadakan oleh PT Mediatama Binakreasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pada tahun 2019 ini, pameran WARISAN diadakan tanggal 22 hingga 25 Agustus lalu yang mengusung tema Citra Bahtera Nusantara. Selain itu, pada pameran ini mengankat tema motif Gurdo yang merupakan motif klasik kerajaan. Motif Gurdo ini terinspirasi dari burung garuda, yang memiliki kedudukan sangat penting bagi masyarakat Jawa dan Indonesia pada umumnya. Harapan yg ada pada motif Gurdo melambangkan kewibawaan, kepemimpinan dan kejantanan. Pameran ini digelar bertujuan agar untuk menjaga seni dan budaya bangsa juga sebagai apresiasi kepada pembatik, penenun, pemerhati, perajin dan pengusaha batik, tenun dan mutiara.

Dalam pameran ini menampilkan lebih dari 130 stand yang memamerkan berbagai jenis karya warisan budaya mulai dari batik, tenun, hingga kerajinan mutiara. Barang-barang kerajinan tangan yang dipamerkan di acara ini harus melalui seleksi para kurator untuk melihat keaslian, inovasi, kualitas, dan daya saing yang unggul. Adapun tim kurator yang bertugas pada pameran ini adalah tim kurator ternama seperti Komarudin Kudiya (batik), Romi Oktabirawa (batik), Dudung Alie Syahbana (batik), Zainal Arifin (tenun), dan Ratna Zhuhry (mutiara).

Berbagai batik dan tenun yang dipamerkan pada acara ini merupakan murni buatan tangan. Batik yang ditampilkan merupakan batik tulis, batik cap, maupun batik kombinasi (batik cap dan tulis) yang menggunakan malam panas murni. Tenun yang dipamerkan pun karya tenun Nusa Tenggara Timur serta tenun songket mewah dari Palembang. Dan kerajinan mutiara yang ditampilkan bukan mutiara yang palsu, melainkan mutiara asli dari laut Indonesia yang bersertifikat.

Tidak hanya sekedar memamerkan hasil kerajinan tangan, pada acara pameran WARISAN 2019 ini juga menggelar workshop dan kompetisi draperi yang melibatkan siswa SMK Negeri jurusan tata busana di Jakarta serta menampilkan pertunjukan musik dan kuis-kuis terkait dengan batik, tenun, dan mutiara bagi para pengunjung.