Wagub Djarot Bertemu Dubes Ri Untuk Perancis, Peristiwa

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar RI untuk Perancis, Hotmangaradja Pandjaitan di gedung Balikota Jakarta pada hari Selasa, 4 Oktober 2016. Dubes Hotmangaradja Pandjaitan merupakan putra dari Pahlawan Revolusi, Mayjen TNI Anumerta D.I. Pandjaitan. Pertemuan tersebut dalam rangka promosi festival Colouer d'Indonesia 2016 serta membahas tentang kerjasama sister city Jakarta-Paris.

 

Sebelumnya Jakarta pernah menjalin kerjasama sister city dengan Paris yang diresmikan pada 8 Agustus 1995 melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) sister city Jakarta-Paris namun saat ini sudah tidak aktif. Bidang kerjasama Jakarta-Paris kala itu meliputi bidang penataan kota, lalu lintas dan pengangkutan umum, perlindungan lingkungan hidup, organisasi administrasi kota, pendidikan staf administrasi, teknik serta pengembangan kebudayaan, pendidikan dan olahraga.

Wagub Djarot secara khusus meminta bantuan KBRI Paris untuk memfasilitasi komunikasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota Paris agar dapat mengaktifkan kembali hubungan kedua kota melalui berbagai program  yang bermanfaat bagi Jakarta-Paris.