WADUK UKILA HALIM JAKARTA TIMUR, WISATA ALAM

Waduk UKILA adalah lahan milik TNI AU yang terletak di komplek UKILA, Halim Jakarta Timur. Sejak 1 tahun lalu, tepatnya 6 Maret 2018 waduk yang sering dimanfaatkan warga untuk memancing kemudian dikelola koperasi wing satu paskhas sebagai lahan wisata mancing untuk masyarakat umum. Buka sejak pukul 06:00 – 19:00 WIB waduk pemancingan seluas 5 hektar ini akhirnya dinikmati masyarakat sebagai wisata alam keluarga. Setidaknya ada 60 lapak memancing di waduk ini. Biasanya lapan akan penuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Pemancing dapat bebas memilih lapak yang dianggap nyaman berada di sekitar waduk. Setelah memilih lapak, pengelola baru mendatangi dan memberikan retribusi pemancingan. Retribusi di waduk ini tergolong murah yaitu Rp.50.000,- untuk maksimal 3 Joran dengan 1 Kg ikan mas. Setiap hari diakui pengelola setidaknya ada 20-25 lapak. Untuk hari Sabtu dan Minggu pihak pengelola juga mengadakan Mancing Pita Ikan Bawal berhadiah. Uniknya, waduk ini tidak buka pada hari Jumat.

Karena berada di Wilayah Komplek kawasan TNI AU, pengelola tidak menyewakan waduk ini untuk acara yang bernuansa Politik seperti Kampanye. Karena wilayah ini adalah wilayah yang harus bebas dari unsur-unsur poltik.  Namun jika untuk kegiatan diluar politik masyarakat dapat menyewa lahan ini untuk berbagai kegiatan seperti Pra Wedding, dan sebagainya.