Tugu Peringatan Proklamasi

Monumen berbentuk tugu ini terletak di halaman gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56 Jakarta yang dulunya bernama Jl. Pegangsaan Timur No. 56 yang juga merupakan bekas kediaman Bung Karno. Pembangunan tugu ini diprakarsai oleh Pemuda Puteri Indonesia (PPI) dan Wanita Indonesia (WANI) yang menginginkan adanya bangunan untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam rangka ulang tahun pertama Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seniman Jo Masdani, Kous Siregar dan Biro Teknik “Salam” pimpinan Aboetajib dipercaya untuk merancang dan membangun tugu monumen ini. Pembangunannya selesai pada Juli 1946 dan kemudian diresmikan secara langsung oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir tepat pada tanggal 17 Agustus 1946. Pada tahun 1960 tugu tersebut dibongkar dengan alasan Rencana Pembangunan Semesta Berencana, dimana tugu tersebut dianggap sebagai tugu Linggarjati. Sebelum dibongkar tugu ini pernah dijadikan lambang daerah Kotapraja Jakarta Raya.

Tugu Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ini akhirnya kembali dibangun ulang setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Nomor Gb/11/3/50/72 tertanggal 17 Juli 1972. Pengelolaannya kemudian berada di bawah Kantor Monumen Nasional.