Triple Decker, Lain-lain

Triple Decker merupakan proyek jalan layang susun tiga yang menggabungkan jalan arteri, jalan tol dan jalur LRT (Light Rail Transit) untuk membantu mengatasi masalah kemacetan kota Jakarta yang dikerjakan oleh PT Citra Lamtorogung Persada (CLP) milik Siti Hardijanti Rukmana. Proyek tersebut rencananya mulai dikerjakan pada tahun 1998, namun seiring dengan terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia tahun 1997, proyek tersebut akhirnya tidak pernah terwujud dan dihentikan.

Pada awalnya Triple Decker direncanakan melintang sejauh 25,7 kilometer dari wilayah Selatan Jakarta ke wilayah Utara Jakarta (Bintaro hingga Kota). Berdasarkan studi pendahuluan bersama yang dilakukan oleh tim Sistem Angkutan Umum Massal Jabotabek dan PT CLP, Triple Decker nantinya juga akan membujur sepanjang 36,5 kilometer dari wilayah Barat ke wilayah Timur (Tangerang ke Bekasi) dan melewati jalur pusat perkantoran / pemerintahan.

Dalam proyek Triple Decker, kereta LRT dirancang khusus menggunakan tenaga listrik secara penuh dan memiliki daya angkut penumpang mencapai 25 ribu orang per jam untuk dua arah. Investasi proyek Triple Decker ini senilai Rp 2,2 triliun.