The Raid, Perfilman

The Raid adalah judul Film laga Indonesia yang berdurasi 100 menit, produksi dari Merantau Films tahun 2011. Di rilis pada 23 Maret 2012

Film yang mengambil latar belakang di Jakarta ini bercerita tentang aksi seorang perwira polisi elit bernama Rama yang tergabung dalam pasukan Khusus  (Tim SWAT) dengan tugas khusus yang di perintahkan atasannya untuk  meringkus gembong narkoba kejam, bernama Tama.

Tim SWAT ((special weapons and tactics) atau pasukan khusus ini, tiba di sebuah blok apartemen yang tidak terurus. Blok ini tidak pernah digerebek oleh polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman.

Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai Tama, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, Tama menginstruksikan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar.

Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.

Film The Raid ini, menjadi film pembuka program Midnight Madness Festival Film Internasional Toronto 2011 dan meraih penghargaan The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award.

Setelah sukses dalam peredaran di Indonesia, versi luar negerinya, diedarkan terbatas. Distribusi untuk Amerika Serikat dibeli oleh Sony Pictures, Kanada oleh Alliance Films, sedang agen untuk penjualan internasional dipegang oleh Celluloid Nightmares. Oleh Sony Pictures, judul ditambah menjadi: The Raid: Redemption. . Untuk versi terakhir ini, musiknya dibuat oleh Mike Shinoda dari grup terkenal Linkin Park.

Selain itu, The Raid memenangkan penghargaan pada Indonesian Movie Awards 2013, yaitu untuk kategori Aktor Pembantu Terbaik (Ray Sahetapy) dan Yayan Ruhian hanya sebagai nominasi

Produser Ario Sagantoro
Sutradara Gareth H Evans
Penulis Gareth H Evans
Pemeran Iko Uwais, Pierre Gruno, Ray Sahetapy, Joe Taslim, Tegar Satria, Verdi Solaiman, Ananda George, Eka Rahmadia, R Iman Aji, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian