Teknik Seni Lukis Aquarel, Seni Rupa

Teknik Aquarel adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan. Agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, baiknya menggunakan cat yang sedikit encer. Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan dalam teknik Aquarel, antara lain:

1. Alat dan Media lukisan, alat dan media lukis di sini meliputi cat air, kertas gambar, kuas cat, palet cat air, air dan kain lap. Pilihlah cat air yang berkualitas, kertas yang paling sesuai adalah kertas aquarel.

2. Membuat Sketsa Gambar, membuat sketsa gambar menggunakan pensil tipis-tipis untuk menghindari ketidaktepatan objek gambar.

3. Membasahi Kertas Dengan Air, pada teknik aquarel ini terlebih dahulu harus membasahi media gambar bisa kertas ataupun kanvas dengan air guna memberikan efek tipis pewarnaan pada lukisan.

4. Pewarnaan, dalam tahap ini jangan menyapukan kuas secara menyilang maupun menggulung-gulung kertas gambar karena ini bisa menyebabkan rusaknya media gambar, selain itu juga tidak akan bisa mendapati intensitas warna seperti yang kita inginkan.

5. Drying (Pengeringan), sentuhan akhir yang bisa dilakukan adalah mengangin-anginkan media gambar atau menjemur di bawah terik matahari, agar catnya kering secara sempurna. Sebaiknya tidak menggunakan alat pengering, di khawatirkan dapat merusak media gambar (cat tercecer, menggulung, dsb).