Taman Benyamin Sueb (eks Gedung Kodim 0505), Jakarta, Benda Cagar Budaya

 

Angan-angan almarhum Benyamin Sueb (1939-1995) yang ingin membangun wadah kreativitas seni budaya Betawi akhirnya terwujud belum lama ini. Wadah itu muncul dalam bentuk sebuah taman di kawasan bekas gedung Kodim 0505 di Jalan Bekasi Timur Raya Nomor 73, Jatinegara, yang diberi nama Taman Benyamin Sueb.

Taman Benyamin Sueb itu diresmikan Gubernur Anies Baswedan, Sabtu, 22 September 2018 lalu. Di lahan itu juga berdiri bangunan bekas gedung Kodim 0505 yang berstatus cagar budaya milik pemerintah DKI. Bangunan tersebut lalu dialih fungsi menjadi museum “Benyamin Suaeb”. Museum itu akan menceritakan perjalanan karier sang seniman serta menyimpan benda-benda peninggalan dia.

Pengalihan fungsi Gedung Eks Kodim 05/05 menjadi Taman Budaya Benyamin Sueb tertuang dalam SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 1156 tahun 2018 tentang Penetapan Eks Kodim menjadi Taman Budaya Benyamin Sueb. Taman itu diharapkan menjadi ruang interaktif bagi para seniman, komunitas, serta pusat informasi seni dan budaya, seperti Taman Ismail Marzuki.

Keluarganya Benyamin Suaeb telah menyerahkan barang koleksi Benyamin ke pemerintah daerah untuk dikelola di museum. Barang yang dihibahkan antara lain berupa kostum, baju pentas, sepatu, jam tangan, lukisan, kaset, hingga piagam. Termasuk yang akan disimpan di museum adalah piagam penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma untuk Bang Ben yang diberikan oleh Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.