Tabula Rasa, Perfilman

TABULA RASA adalah judul film drama Indonesia, yang di produksi oleh Life Like Pictures, dengan durasi 107 menit. Rilis pada 25 September 2014.

Berkisah tentang kerinduan dan memori rasa yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dan  juga mengangkat tentang kekayaan kuliner Indonesia.

Diceritakan dalam film ini, Hans (Jimmy Kobogau). Pemuda asal Serui, Papua, bercita-cita menjadi pesepakbola profesional. Mimpi Hans hampir menjadi kenyataan ketika ia direkrut oleh sebuah klub sepakbola asal Jakarta. Namun nasib berkata lain, ketika sampai di Jakarta dirinya terbekap cedera dan pihak klub menelantarkannya. Malu pulang kampung dengan kaki pincang, malah jadi gelandangan tuna wisma yang nyaris bunuh diri.

Di tengah keputusasaan Hans, akhirnya dia bertemu dengan Mak (Dewi Irawan), seorang pemilik rumah makan Padang (Lapau). Kemudian Mak mengajak Hans untuk datang ke Lapau yang di kelolanya bersama  koki Parmanto (Yayu Unru) dan si bujang Natsir Ozzol Ramdan). Mak bertiga hijrah ke ibukota setelah Padang diamuk Tsunami yang meratakan restoran mereka.

Di mata Emak, si pemuda Serui tak ubahnya mendiang putranya. Bahkan Mak turun tangan sendiri memasakkan gulai kepala ikan kakap untuk Hans yang disantap dengan lahap. Hans pun jadi teringat pada gulai ikan kuning yang dulu sering dimasaknya untuk anak-anak panti asuhan di Serui.

Namun, kehadiran Hans ternyata mendapat penolakan dari Parmanto sebagai juru masak (Yayu Unru) dan Natsir (Ozzol Ramdan) pelayan. Melalui berbagai konflik kecil tersebut,  justru kemudian membuat  Hans belajar memasak masakan Padang serta menjadi koki handal bagi lapau tersebut, setelah Parmanto berkhianat dengan beralih menyeberang ke restoran mewah Chaniago yang dibangun tepat di depan lapau Takana Juo.

 

Produser Sheila Timothy
Sutradara Adriyanto Dewo
Penulis Tumpal Tampubolon
Pemeran Dewi Irawan, Jimmy Kobogau, Yayu Unru, Ozzol Ramdan