Surga Pun Ikut Menangis, Perfilman

Surga Pun Ikut Menangis adalah judul film drama Indonesia, yang di produksi oleh rumah produksi Prashanti Widya Sinema. Film berdurasi 103 menit ini rilis pada 26 Oktober 2017.

Film ini bercerita tentang seorang ibu, Umi Pipik dengan dua buah hatinya, yang sulung bernama Cinta (diperankan oleh Yuniza Icha) dan si bungsu bernama Putri (diperankan oleh Rara Nawangsih).

Cinta membenci ibunya dan selalu menganggap ibunya menjadi penyebab kepergian ayahnya yang meninggalkan mereka sejak Cinta kecil. Cinta merasa kehilangan sosok sang ayah, kehilangan figur laki-laki. Kebencian Cinta pada ibunya kian menjadi-jadi. Sementara Umi Pipik benar-benar sedih dan terpukul dengan sikap Cinta yang tak pernah mendengarkan nasihatnya.

Hal ini juga akibat pergaulan Cinta yang salah. Cinta dekat dengan seorang anak laki-laki bernama Calvin (diperankan oleh Kiki Farrel). Umi Pipik sering memberi nasihat ke Cinta untuk menjaga diri dalam bergaul dengan Calvin. Namun karena hatinya sudah dibutakan kebencian, Cinta malah berkata keras pada ibunya dan mengatakan bahwa ia butuh figur lelaki dalam hidupnya, apa salah jika Cinta mendapatkannya dari Calvin?

Sementara sang adik, Putri sikapnya berbeda jauh dengan Cinta. Putri sangat santun dan lembut hatinya, juga sangat patuh dengan ibunya. Putri mendapat perhatian dan kasih sayang dari Rizki.

Kebencian Cinta kepada Putri tak kalah besarnya, karena ia merasa bahwa Putri adalah anak terbaik di mata Umi Pipik. Cinta merasa tersudut dan ia pun mulai mabuk-mabukan. Dalam keadaan mabuk, Calvin memperkosa Cinta. Calvin kemudian memeras Umi Pipik agar membayarnya dan jika tidak dipenuhi, semua foto dan video pemerkosaan Cinta akan diunggah ke dunia maya.

Hal ini membuat Umi Pipik semakin terpojok dan mulai menjual hartanya satu demi satu demi menjaga kehormatan sang anak. Umi Pipik pun jatuh sakit akibat stres. Cinta pun menyesal atas apa yang terjadi pada dirinya dan atas perbuatannya kepada ibunya.

 

Produser Prashanti Andrini
Sutradara Hasto Broto
Penulis Dyah Kalsit, Hasto Broto, Rahmat Suardi
Pemeran Pipik Dian Irawati, Kiki Farrel, Yuniza Icha, Rara Nawangsih, Ruben Onsu