Sunyi House Of Coffee And Hope, Jasa Makanan Dan Minuman

Sunyi House of Coffee and Hope, merupakan nama kedai Kopi di Jalan RS Fatmawati No.15, Cilandak Jakarta Selatan. Yang menghadirkan secangkir kopi penuh harapan yang dibuat oleh para Barista Tuna Rungu serta Tuna Daksa.

Konsep dasar Kedai ini sebenanya untuk merangkul dan memberi kesempatan bagi penyandang Disabilitas untuk bekerja, karena tidak banyak perusahaan yang mau mempekerjakan mereka. Pemilihan nama Sunyi House Coffee and Hope pun punya alasan sendiri. Arti Sunyi bukan tanpa suara tetapi sunyinya diskriminasi untuk kaum Disabilitas.

Kedai ini didirikan oleh lima anak muda yang memiliki latarbelakang yang sama di bidang Marketing dan bercita-cita menjadi Entrepreneur, yaitu Mario Gultom, Almas Nizar, Yo Renno Widjaja, Ferlando Garcia dan Irfan Alvianto.

Kelima pemuda ini pun menjalankan ide mereka, mulai dari ikut belajar bahasa isyarat hingga cara membuat kopi selama satu tahun. Mereka bergabung dengan komunitas para Tuna Rungu dan Tuna Daksa, yang berbuah penemuan talenta-talenta baru yang kini bekerja menjadi Barista di Sunyi House of Coffee and Hope.

Interior Kedai Kopi ini dan banyak fasilitas lain, memang di desain khusus untuk pelanggan penyandang disabilitas. Seperti ruang utama kafe yang dibuat agak luas agar mereka bisa bergerak dengan leluasa. Dan sengaja memakai meja bundar di dalam kafe, untuk membantu bagi pelanggan Tuna Rungu berkomunikasi. Dengan duduk berkeliling mereka dengan mudah melihat bahasa isyarat dari masing masing temannya.

Namun Kedai ini juga menerima pengunjung selain penyandang Disabilitas. Pemilik menyediakan pendamping “translator” bagi tamu yang tak mengerti bahasa isyarat. Dan disediakan pula kertas kecil beserta pensil untuk menulis pesanan, atau tamu bisa mengetik pesanan di ponsel.

Sunyi House of Coffee and Hope memiliki tiga full time Barista dan satu part time Barista. Di antara keempatnya, satu adalah Tuna Daksa dan tiga lainnya Tuna Rungu. Namun, meski memiliki kebutuhan khusus mereka diperlakukan sama.

Adapun minuman Favorit kedai ini adalah Kopi Susu Sunyi yang rasa manisnya pas dan makin enak jika di sajikan dingin. Selain itu adapula minuman – minuman yang tak kalah nikmat yaitu Kopi Susu Tiramisu, Lemon Zist Cold Brew yang terasa segar Lemon - kopinya tebal namun lembut, dan tidak terlalu manis. Kemudian Dirty Chai Latte, Marshmallow Mochaccino, Red Velvet Latte hingga Manual Brew dari beberapa biji kopi Lokal. Disediakan pula camilan teman minum kopi, Choco Lava Cookies, dan Brownies. Kedua kue ini punya rasa cokelat yang pekat, manis, dengan tekstur renyah di luar, dan lembut di dalam.

Untuk menu makanannya, ada Ayam Saus Kecap Wijen, Cilantro Lime Chicken, Lollipop Chicken Wings, Roti Bakar Keju, French Fries, Aglio Olio Pasta dan masih banyak lagi varian menu laiinya. Menu-menu makanannya dihargai berkisar 19 Ribu hingga 29 Ribu Rupiah. Sementara minumannya dihargai 17 Ribu hingga 34 Ribu Rupiah.

Dengan dibukanya kafe ini, pemilik berharap tidak ada lagi stigma atau pandangan miring kepada kaum penyandang Disabilitas, tidak ada lagi memandang sebelah mata kaum Disabilitas, tidak ada lagi mendiskriminasi kaum Disabilitas. Kaum Disabilitas bisa bersaing dengan mereka yang normal, mereka layak mendapatkan pekerjaan dan diperlakukan sama dengan masyarakat normal.