Stadion Tugu, Bangunan Umum

Stadion Tugu adalah salah satu stadion sepakbola yang terdapat di Jakarta. Stadion Tugu terletak di Jl. Jamrud No. 76 A, Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara 14260. Stadion yang dibangun tahun 1990-an ini merupakan kandang dari klub sepakbola Persitara Jakarta Utara. Selain Persitara Jakarta Utara, sejumlah SSB (sekolah sepakbola) di Jakarta Utara memanfaatkan stadion ini untuk tempat latihan.  

Stadion Sepak Bola Tugu berada di kawasan Koja, Jakarta Utara. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Ular Plumpang, TPU Kampung Mangga, kawasan pergudangan beberapa perusahaan, Kompleks Sekolah Katolik Santo Yakobus, Beacon Academy International School, Singapore International School North Jakarta dan Kawasan perumahan Kelapa Gading. Stadion ini dibangun sekitar tahun 1987, dimana daerah sekitar stadion awalnya merupakan kawasan rawa-rawa yang konon banyak ditemukan ular lalu dijadikan fasilitas olahraga.

Stadion ini mengalami rehabilitasi di tahun 2006 - 2007 dan baru diserahterimakan pada tahun 2008. Kemudian mendapat rehabilitasi kembali di tahun 2012. Luas tanah stadion ini mencapai 35.000 meter persegi dengan luas gedung 328 meter persegi. Stadion ini dipergunakan untuk olahraga Sepak Bola dan Atletik. Stadion ini dilengkapi dengan fasilitas kamar ganti, toilet, ruang pengelola, lahan parkir yang cukup luas dan tribun penonton dengan kapasitas 10.000 orang. SSB (sekolah sepakbola) Indonesia Muda Jakarta Utara juga memanfaatkan stadion ini untuk tempat latihan

Stadion Tugu juga pernah menjadi tempat penampungan pengungsi ketika bencana banjir besar melanda Jakarta Utara pada bulan Februari 2015 dimana banjir tersebut memasuki rumah warga yang berada di perkampungan depan stadion hingga mencapai ketinggian sekitar 1 meter, sehingga warga akhirnya diungsikan ke stadion ini. Hampir seluruh tribun tempat duduk dipenuhi oleh warga yang mengungsi bersama keluarganya dan sebagian kantor, serta ruang dijadikan tempat perlindungan untuk lansia, ibu hamil dan menjadi dapur umum. Bencana banjir besar ini membuat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi pengungsi yang berada di Stadion Tugu yang berjumlah sekitar 700 jiwa, untuk kemudian menyerahkan bantuan kepada Sudin Sosial Jakarta Utara lalu disalurkan untuk para pengungsi.

Untuk menuju stadion ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pengguna bis Transjakarta dapat turun di shelter Plumpang Pertamina di Jl. Yos Sudarso, kemudian menyebrang ke arah Pasar Ular Plumpang lalu naik Metromini 41 jurusan Pulo Gadung – Tanjung Priok, kemudian turun di simpangan Semper dan naik angkot KWK U07 Tanjung Priok – IGI dari Jl. Pegangsaan Dua lalu berhenti di depan Stadion Tugu.

Pada pertengahan tahun 2009 Pemprov DKI Jakarta menyatakan rencananya untuk merevitalisasi Stadion Tugu agar lebih modern dan representatif sehingga dapat mendukung perkembangan olahraga sepakbola di Jakarta Utara.