Si……………..

 

Permainan “Si….” Adalah permainan yang berasal dari Ciganjur, kecamatan Pasar minggu, Wilayah Jakarta selatan. Mengapa disebut namanya, yaitu “Si…”, oleh karena selama permainan diberlangsung salah seorang pemain yang menyerang lawannya, dan menarik ke garis posnya akan meneriakkan kata-kata “Si….” Sambil menahan nafas panjang. Biasanya permainan “Si…” dilakukan pada waktu terang bulan, waktu itu merupakan malam panjang yang disinari rembulan yang terang-menderang. Tetapi sekarang permainan ini dilakukan disembarang waktu asalkan ada waktu luang untuk bermain.

Permainan ini tidak menentukan banyaknya pemain. Semakin banyak pesertanya semakin meriah. Tidak ada batas umur untuk memainkannya. Usia pemain, anak-anak sekitar 11-17 tahun dan hanya dilakukan oleh laki-laki saja.

Tanah lapang atau perkarangan yang cukup luas yang dibutuhkan untuk bermain permainan ini. Sebelum permainan dimulai, para pemain berkumpul dalam jumlah genap untuk memudahkan dibagi menjadi dua regu. Setelah disetujui, dalam memilih lawannya yang seimbang besarnya, untuk menentukan siapa-siapa yang termasuk kelompok kawannya bermain. Kemudian para pemainnya akan membuka baju untuk menentukan kelompok-kelompok mana yang mendapat giliran pertama, maka dua orang anak yang mewakili kelompoknya masing-masing melakukan undian dengan cara “suit”. Permainan baru dimulai kalau semuanya sudah siap. Yaitu yang bertugas menjaga sudah menempati posisi diseblah utara dan yang akan mendapat giliran menyerang menempati posisi disebelah selatan.