Sepakbola Persija Jakarta Vs Ajax Amsterdam (2014), Peristiwa

Pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta melawan Ajax Amsterdam dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Mei 2014 bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertandingan ini merupakan pertandingan kedua Ajax di Jakarta setelah sebelumnya pernah bertanding di tempat yang sama pada tahun 1975. Dalam lawatannya ke Indonesia kali ini sejumlah pemain inti Ajax tidak diikutsertakan karena sedang mengikuti pemusatan latihan jelang Piala Dunia 2014.

Pertandingan ini dipimpin oleh wasit asing asal Maladewa, Abdul Raheem Ahmed Shifan. Ajax unggul terlebih dahulu melalui gol yang disarangkan oleh strikernya Lucas Andersen pada menit ke- 13 dan Mike van der Hoorn pada menit ke-16. Hingga babak pertama usai, Persija terlihat kesulitan menembus pertahanan Ajax yang cukup solid dan kokoh. Pada babak kedua Persija berusaha mengimbangi tetapi selalu gagal dalam penyelesaian akhir. Pada menit ke-71 Lerin Duarte mencetak gol yang membuat Ajax Ammsterdam unggul 3-0 atas Persija Jakarta hingga berakhirnya pertandingan.

Selain bertanding melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, tim Ajax Amsterdam juga memiliki sejumlah agenda kegiatan di Jakarta seperti mengunjungi Museum Nasional dan mengadakan acara Meet and Greet dengan penggemar mereka. Rombongan Ajax Amsterdam menginap di Hotel Shangrilla Jakarta selama berada di Jakarta. Pertandingan ini dipromotori oleh perusahaan Nine Sport Inc.