Sepakbola Indonesia Vs Belanda (2013), Peristiwa

Pertandingan sepakbola antara timnas Indonesia melawan timnas Belanda dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Juni 2013 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertandingan sepakbola ini merupakan pertandingan bersejarah karena untuk pertama kalinya mempertemukan timnas Indonesia dengan timnas Belanda yang notabene memiliki ikatan historis di masa lalu dimana Belanda sempat menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. 

Sejak awal pertandingan timnas Belanda sudah mendominasi dan membuat timnas Indonesia kewalahan menghadapi serangan. Beruntung hingga akhir babak pertama, timnas Indonesia mampu menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Namun pergantian pemain yang dilakukan timnas Belanda membuat perubahan signifikan dalam jalannya pertandingan tersebut dimana sepanjang babak kedua Indonesia kebobolan tiga gol dari Siem de Jong (2 gol) dan Arjen Robben (1 gol). Indonesia pun akhirnya kalah. Timnas Belanda yang dibawa oleh pelatih Louis van Gaal sebagian besar merupakan kumpulan pemain terbaik Belanda yang bermain di sejumlah klub elite Eropa saat itu dan dipersiapkan untuk tampil pada Piala Dunia 2014. 

Harga tiket pertandingan ini terbagi dalam beberapa kategori, yakni Tribun Atas (Rp 50.000), Kelas 2 (Rp 150.000), Kelas 1 (Rp 300.000), VIP Timur (Rp 750.000), VIP Barat (Rp 1.500.000) dan VVIP Barat (Rp 1.750.000)

 

Susunan Pemain Indonesia :

Kurnia Meiga, Ricardo Salampessy (Zulkifly Syukur), Victor Igbonefo, Toni Sucipto (Hendro Siswanto), Raphael Maitimo, M. Roby, Immanuel Wanggai (Ahmad Bustomi), Ahmad Jufriyanto (Ruben Sanadi), Boaz Solossa, Greg Nwokolo (Andik Vermansah), Sergio van Dijk (Ian Kabes).

Pelatih : Jacksen F. Thiago

Susunan Pemain Belanda :

Jasper Cillesen (Kenneth Vermeer), Daryl Janmaat (Dwight Tiendalli), Ron Vlaar, Erik Pieters (John Heitinga), Miquel Nelom, Jonathan De Guzman, Ruben Schaken, Jens Toornstra, Wesley Sneijder (Siem de Jong), Jeremain Lens (Arjen Robben), Robin van Persie (Ricky van Wolfswinkel).

Pelatih : Louis van Gaal