Sepakbola Aff 2018 : Indonesia Vs Filipina, Peristiwa

Pertandingan sepakbola penyisihan Grup B Piala AFF 2018 antara timnas Indonesia melawan timnas Filipina berlangsung pada hari Minggu, 25 November 2018 dan bertempat di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Pertandingan ini merupakan pertandingan penentuan perebutan posisi runner-up Grup B untuk meraih tiket semifinal Piala AFF 2018. Meskipun menyajikan pertandingan yang menarik, namun kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0 sehingga Filipina yang berhak maju ke babak semifinal karena memiliki statisk hasil pertandingan sebelumnya yang lebih baik dibanding Indonesia.

Pertandingan ini terasa istimewa karena Filipina dilatih oleh pelatih asal Swedia, Sven-Goran Eriksson yang dianggap sebagai salah satu pelatih sepakbola terbaik di dunia.  Nama Eriksson sendiri dikenal sebagai mantan pelatih klub Italia Sampdoria dan Lazio serta timnas Inggris. Konon masyarakat lebih antusias menyaksikan kehadiran Eriksson yang menjadi magnet utama dalam laga Indonesia vs Filipina dibanding menyaksikan pertandingan itu sendiri. Selain karena memiliki reputasi sebagai pelatih kelas dunia,  Eriksson juga pernah menginjakkan kakinya di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada tahun 1990-an saat dirinya masih melatih klub Italia, Sampdoria. Bahkan sehari sebelum pertandingan sejumlah mantan pemain PSSI Primavera diantaranya Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy dan Bimasakti (yang saat itu menjadi pelatih timnas Indonesia menghadapi Filipina pada Piala AFF 2018) dengan didampingi Direktur Teknik PSSI Danurwindo  bertemu  secara khusus untuk bernostalgia dengan Eriksson di Hotel Sultan Jakarta karena tim PSSI Primavera memiliki kenangan dan kedekatan emosional dengan Eriksson selama berlatih di Italia. 

 

Susunan Pemain :

Indonesia : Andritany Ardhiyasa, Putu Gede Juniantara, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Rizki Rezaldi Pora, Zulfiandi, Evan Dimas, Andik Vermansah (Irfan Jaya 70'), Stefano Lilipaly, Riko Simanjutak, Alberto Goncalves (Dedik Setiawan 82').

Filipina : Micheal Aksel Bataican Falkesgaard, Carlos Alberto, Daisuke Sato, Martin Steuble, Alvaro Linares Silva, Manuel Ott, Stephan Schrock (James Younghusband 81'), john Patrick Strauss, Phil Younghusband, Jovin Hervas Bedic (Kevin Ingreso 76'), Patrick Alcala Reichelt.