SANGGAR BETAWI SI PITUNG RAWA BELONG

Sanggar Betawi Si Pitung Rawa Belong adalah sanggar pimpinan putra Betawi asli Bachtiar yang berlokasi di Rawa Belong ini hingga kini masih aktif mempromosikan budaya Betawi. Sanggar Betawi Si Pitung rawa Belong didirikan pada tanggal 5 Mei 1995. Sanggar Betawi Si Pitung Rawa Belong biasanya menggelar latihan di halaman SD 09 Pagi Rawa Belong setiap malam selasa. Pesertanya kebanyakan anak-anak dan remaja yang tinggal di Rawa Belong.

Sanggar Si Pitung Rawa Belong tidak hanya mengajar Silat Cingkring. Bachtiar juga mempunyai grup gambang kromong, kasidah, tanjidor, lenong, dan kesenian Betawi lainnya. Makanya tidak heran, rumah sekaligus padepokan Si Pitung di Jalan Yusuf Rt 04 Rw 011 No. 8 Rawa Belong hampir tidak sepi dari orang-orang yang belajar kesenian Betawi.

Tentu saja, mengelola sanggar seni Betawi tidaklah mudah. Semakin tahun, keadaannya bagaikan ‘mati segan, mati pun tak mau’ serba susah. Sedikit sekali orang yang masih peduli akan seni budaya Betawi. Bahkan orang Betawi asli sendiri pun terkadang enggan menggelar hajatan ala Betawi. Alasannya kurang praktis dan cukup mahal. Makanya, penaggap nya pun bisa dihitung dengan jari tiap bulannya. Namun, lelaki yang sudah berusia setengah abad ini tetap tegar menjalaninya. Tidak hanya membuka kursus seni Betawi dan menerima panggilan seni pertunjukan untuk memeriahkan hajatan ala Betawi. Sanggar Si Pitung juga menjual beraneka ragam cendera mata khas Betawi dari gelang akar bahar, batu cincin hingga golok.