SAID NELENG

Said Neleng adalah seniman Betawi yang dikenal karena kepiawaiannya bermusik Tanjidor. Said dilahirkan di Jakarta pada 14 Oktober 1948. Meskipun hanya menempuh pendidikan SR (sekolah rakyat), namun sejak kecil Said sudah mampu memainkan sejumlah alat musik seperti terompet, trombone, saksophone dan klarinet. Bakat musiknya muncul setelah orangtuanya memberinya amanat khusus agar dirinya mempelajari dan menjaga kesenian musik Tanjidor yang merupakan asli Betawi.

Sejak remaja Said sudah bergabung bersama grup Tanjidor dan sering tampil di Jakarta, Bogor dan sejumlah wilayah pinggiran lainnya. Pada tahun 1973 tidak lama setelah ayah dan kakaknya meninggal dunia, Said mendirikan grup musik Tanjidor yang dinamakan Grup Tiga Saudara. Grup tersebut merupakan salah satu grup Tanjidor yang cukup dikenal dan sering mengisi acara dalam sejumlah kegiatan.

Meskipun peminat musik Tanjidor kini semakin berkurang, namun Said tetap berusaha melestarikannya. Pada masa tuanya, Said dikenal aktif mengajak generasi muda untuk mengenal dan mempelajari musik Tanjidor bahkan tidak segan untuk mengajarinya secara langsung.