Rumah Vogelaar

Bangunan Rumah Vogelar terletak di Jl. Vogelar No. 9 RT. 01 / RW. 01, Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat. Asal-usul Vogelar belum diketahui dengan pasti namun berdasarkan penuturan masyarakat sekitar bangunan tersebut merupakan milik tuan tanah di sekitar Jl. Vogelar saat ini. Diperkirakan rumah tersebut dibangun pada awal abad ke-20.

 

Rumah Vogelar terdiri dari 2 kamar utama dan 2 kamar ukuran kecil serta mempunyai denah empat persegi panjang dan memiliki pembagian ruang yang jelas,yakni teras, ruang tamu, kamar, dapur dan teras belakang. Halaman rumah Vogelar cukup luas.

 

Lantainya terbuat dari ubin tanah merah dengan ukuran 40 x 40 cm serta dinding dari pasangan bata yang mempunyai plester. Plafonnya terbuat dari anyaman bambu dan kaso atap juga terbuat dari bambu bulat. Pada bagian teras terdapat 4 tiang bulat (portico) dan pada teras terdapat 3 pintu utama dengan setiap pintu mempunyai 2 daun pintu. Kamar tidur terdapat di sisi kiri dan kanan yang bagian tengahnya merupakan lorong untuk menuju teras belakang.

 

Sayangnya saat ini rumah Vogelar sudah dirobohkan dan tinggal kenangan.