Rumah Umar Wirahadikusumah Jl. Teuku Umar, Bangunan Khas

Rumah Umar Wirahadikusumah terletak di Jl. Teuku Umar No. 61 Menteng, Jakarta Pusat. Umar Wirahadikusumah merupakan Wakil Presiden (Wapres) RI ke-4 yang menjabat sejak tahun 1983 hingga 1988. Selain sebagai Wapres, Umar Wirahadikusumah juga pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya, Pangkostrad, KSAD dan Ketua BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Rumah ini awalnya merupakan kediaman resmi Wapres RI namun kemudian diberikan oleh negara kepada Umar Wirahadikusumah sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi negara atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat sebagai Wapres RI.

Rumah ini letaknya sangat dekat dengan lokasi Taman Suropati Menteng, Jakarta Pusat sehingga apabila ada kegiatan pemilu baik pilpres, pileg maupun pilkada dimana TPS (Tempat Pemungutan Suara) warga selalu didirikan di Taman Suropati maka cukup tinggal berjalan kaki kurang lebih sekitar 3 menit. Meskipun Umar Wirahadikusumah sudah wafat pada 21 Maret 2003, namun sebagai mantan istri Wapres, Ibu Karlinah Umar Wirahadikumah tetap mendapatkan hak pengawalan dari Paspampres Grup D yang termasuk meliputi pengamanan rumah Jl. Teuku Umar No. 61 Menteng, Jakarta Pusat tersebut.

Pada tahun 2000 Umar Wirahadikusumah dan sang istri sempat pindah sementara ke rumah mereka lainnya yang dihuni oleh putri bungsu mereka, Shanti beserta keluarganya di Jl. Kusumaatmaja 11 Menteng, Jakarta Pusat karena rumah di Teuku Umar harus direnovasi akibat digerogoti rayap sehingga menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Rumah Jl. Kusumaatmaja 11 Menteng, Jakarta Pusat tersebut merupakan hadiah dari Presiden Soekarno dan sudah pernah mereka tempati sebelumnya dari tahun 1966 sampai 1974.