Rumah Sby Jl. Mega Kuningan Timur, Bangunan Khas

Rumah Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jl. Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan atau biasa dikenal dengan "Rumah SBY Mega Kuningan" merupakan kediaman pribadi SBY yang diberikan oleh negara sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi SBY selama menjabat sebagai Presiden RI tahun 2004-2010. Pemberian rumah ini sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan/ Administratif Presiden dan Wakil Presiden. Proses serah terima rumah ini dari Sekretariat Negara kepada SBY dilakukan pada 26 Oktober 2016.

 

Rumah dua lantai berkonsep modern minimalis ini memiliki lahan seluas 4.000 meter persegi dan berada di belakang gedung Kedutaan Besar Qatar serta masih berada di dalam kawasan elite bisnis dan diplomatik Mega Kuningan Jakarta. Rumah ini dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya ruang pertemuan, ruang kerja, ruang staf hingga lift. Pada bagian depan terdapat pos jaga kecil untuk petugas keamanan. Rumah ini juga sering digunakan oleh SBY menerima kunjungan tamu penting, baik tokoh nasional maupun tamu dari luar negeri. 

Pada 6 Februari 2017 sekelompok mahasiswa sempat berkumpul dan melakukan aksi demonstrasi di depan rumah SBY namun aksi tersebut segera dibubarkan oleh polisi karena tidak memiliki izin. Pada saat aksi demonstrasi berlangsung, SBY diketahui tengah berada di dalam rumah tersebut.