RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS, BANGUNAN UMUM

Rumah sakit kanker Dharmais merupakan rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai Pusat Kanker Nasional sesuai dengan Keputusan Menkes RI Nomor : HK.01.07/MENKES/531/2017, yang meliputi riset, pendidikan, pengobatan dan pelayanan penuh terhadap masyarakat pasien pengidap kanker di Indonesia. Rumah sakit Dharmais terletak di Jl. Letjen S. Parman No.84-86, Jakarta Barat. Rumah sakit ini berdiri tepat bersebelahan dengan RSAB Harapan Kita yang diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto.

Sejarah Berdirinya Rumah Sakit Dharmais 

Pada tahun 1988, ketua yayasan Dharmais yang saat itu juga merupakan Presiden RI ke-2, H. M. Soeharto meminta Prof. Dr .dr. Arry. Harryanto Reksodiputro, Sp.PD.KHOM untuk membantu memikirkan model rumah sakit kanker yang sesuai dengan kebutuhan mengingat penyakit kanker mulai banyak diderita masyarakat Indonesia saat itu. Prof. Arry bersama dengan sejumlah pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Departemen Kesehatan kemudian membentuk tim pembuatan usulan pendirian rumah sakit pada Oktober 1988. Studi banding sempat dilakukan ke Amerika Serikat dan Jepang untuk menemukan model pembangunan dan pengelolaan rumah sakit kanker yang tepat di Indonesia.

Usulan tersebut lalu diselesaikan pada Desember 1988 untuk kemudian diserahkan kepada ketua Yayasan Dharmais pada tanggal 9 Januari 1989. Dua tahun kemudian, dimulailah pembangunan rumah sakit Dharmais pada bulan Mei 1991 dan selesai pada tanggal 5 Juli 1993. Pada hari Sabtu, 30 Oktober 1993 Presiden Soeharto secara resmi membuka rumah sakit khusus kanker pertama di Indonesia tersebut.

Pada awal pengoperasiannya tahun 1993, RS Dharmais beroperasi dengan pegawai negeri dan kepemilikannya diserahkan ke Kementerian Kesehatan. Namun karena masih baru saat itu Kementerian Kesehatan belum menyediakan biaya operasionalnya sehingga kepengurusannya dipegang oleh Yayasan Dharmais. Gejolak Reformasi tahun 1998 yang mengakibatkan Presiden Soeharto mundur dari jabatannya berdampak terhadap kepengurusan rumah sakit ini sehingga akhirnya diserahkan kepada Departemen Kesehatan hingga saat ini.

Visi Rumah Sakit Kanker Dharmais :

Menjadi rumah sakit kanker komprehensif dan mengembangkan pusat kanker nasional yang setara tingkat asia


Misi Rumah Sakit Kanker Dharmais :

  1. Memberikan pelayanan kanker komprehensif sesuai dengan perkembangan kekinian berbasis bukti serta Good Clinical Governance, Patient Safety dan Patient Care Center.
  2.  Menyelenggarakan pendidikan rujukan nasional dibidang kanker yang tersertifikasi berbasis Academic Health System untuk peningkatan pelayanan kanker tingkat rumah sakit kanker komprehensif dan Pusat Kanker Nasional.
  3.  Menyelenggarakan penelitian dibidang kanker berbasis bukti dan nilai yang dapat diterapkan dalam pelayanan.
  4. Menyelenggarakan registrasi kanker rumah sakit dan mendukung terlaksananya registrasi kanker nasional
  5. Mengembangkan sistem jejaring dengan institusi dalam dan luar negeri di bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian untuk mendukung penanggulangan kanker di Indonesia.
  6. Menciptakan iklim kerja yang kondusif, menyediakan SDM yang kompeten dan berbudaya kinerja tinggi serta  menyediakan sarpras dan IT sesuai best practice untuk tingkat rumah sakit kanker komprehensif dan Pusat Kanker Nasional.