RUMAH MOESTOPO, BANGUNAN KHAS

Rumah Moestopo merupakan sebuah bangunan bekas kediaman pribadi dari (alm). Mayjen (purn) Prof. Dr. Moestopo, seorang pahlawan nasional Indonesia dan pendiri Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Bangunan rumah Moestopo terletak di Jl. Hang Lekir I / 8, Senayan - Jakarta Pusat. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1950-an dan merupakan satu dari sedikit bentuk bangunan perumahan asli di kawasan Hang Lekir Jakarta yang masih tersisa dan terawat dengan baik. Rumah Moestopo ini merupakan tempat cikal bakal berdirinya Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) pada tahun 1962 dan kini menjadi bagian dari bangunan-bangunan yang terdapat di kampus Moestopo.

Meskipun kampus Moestopo terus berkembang pesat yang  akhirnya membuat dibangunnya sejumlah bangunan kelas bertingkat di halaman kampus tersebut, namun Pak Moestopo lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah tersebut dan menolak pindah. Sepeninggal Pak Moestopo tahun pada tanggal 29 September 1986, rumah tersebut tetap ditempati oleh istrinya, Ibu R.A. Soepartin hingga meninggal dunia pada 8 Desember 2018.

Rumah Moestopo sempat beberapa kali direnovasi namun tidak pernah mengubah bentuk tampilan aslinya. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2018 pada seluruh bagian atap rumah karena kondisinya sudah rapuh. Renovasi tersebut sempat membuat Ibu Soepartin Moestopo pindah sementara waktu dari bangunan induk rumah tersebut ke bagian bangunan tambahan yang terdapat di bagian belakang rumah tersebut. Sebelum meninggal dunia, Ibu Soepartin Moestopo sempat berwasiat agar rumah tersebut tidak dibongkar selama salah satu anaknya yang selama ini juga tinggal di rumah tersebut masih hidup. Rumah Moestopo memang sejak lama diwacanakan untuk dibongkar sebagai bagian dari upaya perluasan kampus Moestopo karena letak bangunannya yang berada tepat di tengah lahan kampus membuat upaya perluasan maupun pembangunan gedung baru di kampus Hang Lekir agak sulit terealisasi.