Rumah Megawati Soekarnoputri Jl. Teuku Umar, Bangunan Khas

Rumah yang terletak di Jl. Teuku Umar No. 27 Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan kediaman pribadi dari Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Rumah ini mulai dihuni oleh Megawati tidak lama setelah dirinya terpilih menjadi Presiden menggantikan Abdurrahman Wahid yang diberhentikan oleh MPR tahun 2001. Sebelumnya Megawati menempati rumah dinas resmi Wapres RI yang terletak di Jl. Diponegoro Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelumnya rumah bergaya kolonial tersebut pernah dihuni oleh keluarga artis dan seniman terkenal, Sys NS. Rumah tersebut kemudian disewa negara dan dijadikan sebagai rumah dinas Presiden selama Megawati menjabat sebagai Presiden. Seiring berakhirnya masa jabatan Megawati pada tahun 2004, negara kemudian memutuskan untuk memberikan rumah tersebut kepada Megawati sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat sebagai Presiden RI. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan / Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden.

Rumah Megawati berada di seberang jalan dari Museum Jenderal Besar A.H. Nasution yang juga terletak di Jl. Teuku Umar Menteng. Pada saat Megawati masih menjadi Presiden, rumah di sebelah persis rumah Megawati (Jl. Teuku Umar No. 27) awalnya digunakan oleh Paspamres (Pasukan Pengamanan Presiden) dan dibatasi oleh tembok. Namun kemudian tembok pembatas tersebut dibongkar dan kini menjadi satu halaman dengan rumah induk yang ditempati oleh Megawati.