Rumah Jusuf Kalla, Jl. Brawijaya Jakarta Selatan, Bangunan Khas

Rumah yang terletak di Jl. Brawijaya 6, Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini merupakan kediaman pribadi dari Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Bpk. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau akrab disapa Pak JK. Rumah Jusuf Kalla ini lokasi tepat di seberang jalan dari Hotel Dharmangsa. Rumah yang bergaya modern ini terdiri dari bangunan 2 lantai dan sudah dihuni oleh Jusuf Kalla beserta keluarganya sebelum dirinya pertama kali diangkat menjadi Wakil Presiden tahun 2004. 

Pada tahun 2017 dilakukan perluasan rumah Jusuf Kalla dimana beberapa unit bekas rumah dinas karyawan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang terletak di Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau persis di belakang rumah Jusuf Kalla dibongkar untuk dijadikan bangunan baru modern yang tersambung dengan rumah Jusuf Kalla di Jl. Brawijaya 6. Pembongkaran bekas rumah dinas milik Peruri tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan / Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden dimana Jusuf Kalla mendapatkan hak sebuah rumah tinggal yang representatif sebagai bentuk terima kasih Negara atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat sebagai Wakil Presiden RI periode 2004-2009.

Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, Jusuf Kalla hanya sesekali berkunjung ke rumah ini karena lebih banyak beraktifitas dan tinggal di rumah dinas Wakil Presiden yang terletak di Jl. Diponegoro Menteng, Jakarta Pusat. Sebagai kediaman pribadi seorang Wakil Presiden aktif, rumah ini dijaga oleh Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) dan sebuah kendaraan lapis baja panser juga ditempatkan di depan rumah tersebut.