Rumah Cantik Menteng, Bangunan Khas

Rumah Cantik adalah sebutan yang diberikan untuk bekas bangunan rumah tinggal yang terletak di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 62 Menteng, Jakarta Pusat. Rumah berasitektur kolonial dan dibangun sekitar tahun 1930-an tersebut memiliki luas bangunan 350 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 863 meter persegi serta memiliki halaman dan taman bunga yang ditanami beraneka macam jenis bunga sehingga masyarakat kemudian menyebut rumah tersebut sebagai "Rumah Cantik".

Rumah ini awalnya merupakan milik Ny. Sari Shudiono yang membelinya pada tahun 1958. Sejak saat itu rumah tersebut terus dirawat dan dipertahankan keasliannya sehingga menjadi sangat terkenal, bahkan beberapa kali memperoleh penghargaan khusus diantaranya sebagai "Hunian peninggalan Belanda paling apik, terawat, dan paling cantik se-Jakarta" dan "Rumah yang langka di kawasan Menteng dan se-Jakarta". Pemprov DKI Jakarta kemudian menetapkan "Rumah Cantik" ini  sebagai bangunan Cagar Budaya Golongan C. Rumah tersebut juga sering dijadikan sebagai lokasi shooting iklan dan video klip musik, diantaranya video klip Chrisye berjudul "Seperti yang Kau Minta" dan video klip Jikustik berjudul "Setia".

Pada tahun 2007 sang pemilik rumah, Ny. Sari Shudiono memutuskan menjual rumah ini dikarenakan tidak sanggup membayar PBB yang nilainya saat itu sudah mencapai Rp 16 juta setahun. Akhirnya pada tahun 2010 rumah tersebut laku terjual dan berganti kepemilikan. Sayangnya tidak lama setelah dibeli, "Rumah Cantik" tersebut dibongkar sehingga muncul kritikan karena dianggap pemilik baru tidak melestarikan rumah yang termasuk Cagar Budaya tersebut. Akhirnya proses pembongkaran tersebut ditunda sehingga rumah tersebut hanya menyisakan sebagian temboknya saja. Belakangan "Rumah Cantik" tersebut dibongkar secara rata dengan tanah seluruhnya. Pemilik lahan tersebut kemudian membangun rumah baru berlantai dua di lokasi tersebut.