Rumah Boediono Jl. Jambu Menteng Jakarta Pusat, Bangunan Khas

Rumah yang terletak di Jl. Jambu No. 11 A Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan kediaman pribadi dari Wakil Presiden RI ke-11, Boediono. Rumah ini mulai dihuni oleh Boediono beberapa tahun setelah dirinya tidak lagi menjabat sebagai Wakil Presiden. Sebelumnya Boediono menempati rumah pribadinya yang terletak di Jl. Mampang Prapatan XX No. 24 Duren Tiga, Jakarta Selatan. Tidak lama setelah Boediono pindah dan menempati rumah di Jl. Jambu ini, kediaman lama Boediono di Jl. Mampang Prapatan dibongkar dan dibangun bangunan baru. 

Seiring berakhirnya masa jabatan Boediono pada tahun 2014, negara kemudian memutuskan untuk memberikan rumah kepada Boediono sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan / Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden.

Bagian depan rumah ini memiliki sebuah pos jaga yang ditempati oleh Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) Grup D yang ditugaskan khusus untuk menjaga dan mengawal mantan Presiden dan Wakil Presiden. Rumah Boediono letaknya berdekatan dengan kediaman pribadi mantan Presiden dan Wakil Presiden RI lainnya di kawasan Menteng, yakni Megawati Soekarnoputri dan Umar Wirahadikusumah (Jl. Teuku Umar) serta Try Sutrisno (Jl. Purwakarta).