Rumah B.j. Habibie Jl. Patra Kuningan Xiii Jakarta Selatan, Bangunan Khusus

Rumah yang terletak di Jl. Patra Kuningan XIII / 1-5, Jakarta Selatan ini merupakan kediaman pribadi dari Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie. Rumah ini mulai dihuni oleh Habibie sekitar tahun 1975 tidak lama setelah dirinya diminta kembali pulang ke Indonesia oleh Presiden Soeharto. Rumah ini awalnya merupakan rumah dinas karyawan pejabat Pertamina. Sejak awal Habibie dan keluarganya merasa betah dan nyaman tinggal di rumah tersebut. Pada tahun 1978 saat Habibie diangkat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi, atas seizin Presiden Soeharto maka Habibie diperbolehkan tetap tinggal di rumah tersebut dan tidak perlu pindah ke perumahan dinas Menteri seperti para Menteri lainnya. Bahkan saat Habibie terpilih menjadi Wakil Presiden dan kemudian menjadi Presiden tahun 1998, Habibie dan keluarganya memilih untuk tetap tinggal di rumah tersebut. 

Rumah dinas tersebut kemudian dibeli oleh Habibie dengan cara mencicil kepada negara. Pasca tidak lagi menjabat sebagai Presiden, Habibie sempat tinggal cukup lama di Jerman sebelum akhirnya kembali menempati rumah ini. Rumah ini sempat mengalami renovasi besar-besaran dengan menambahkan sejumlah fasilitas tambahan seperti basement untuk parkir kendaraan, perpustakaan dan taman. Adapun fasilitas kolam renang yang sudah ada sejak lama tetap dipertahankan. Rumah ini juga memiliki beberapa pos jaga serta sejumlah ruangan yang difungsikan sebagai ruang kerja sekretaris dan staf Habibie. Rumah Habibie ini sebenarnya terdiri dari beberapa bangunan rumah yang saling berdampingan di Jl. Patra Kuningan XIII yang kemudian disatukan sehingga menyatu dan saling terhubung antara satu rumah dengan rumah yang lainnya.

Hampir setiap tahun, Habibie mengadakan acara Open House di rumah ini untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri yang dihadiri oleh kerabat, pejabat, tokoh nasional dan masyarakat umum. Rumah ini juga sempat digunakan sebagai salah satu lokasi shooting film Habibie & Ainun serta film Habibie & Ainun 3 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Jenasah B.J. Habibie sempat disemayamkan di rumah ini selama semalam setelah meninggal dunia pada tanggal 11 September 2019 di RSPAD Gatot Subroto Jakarta sebelum dimakamkan keesokan harinya di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata Jakarta pada hari Kamis, 12 September 2019.