RSPAD GATOT SUBROTO

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau lebih dikenal dengan RSPAD Gatot Subroto merupakan rumah sakit yang beralamat di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 24, Jakarta Pusat 10410. Bangunan yang ditempati rumah sakit ini dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, namun seiring berjalannya waktu maka terus mengalami perubahan dan penambahan hingga akhirnya menjadi bangunan bertingkat yang modern seperti saat ini. Sebelum berganti nama menjadi RSPAD Gatot Subroto, awalnya rumah sakit ini sempat dinamakan Rumah Sakit Tentara Pusat (RSTP). Meskipun merupakan rumah sakit militer yang dikelola oleh TNI Angkatan Darat, namun masyarakat umum dapat turut berobat di sana.

 

Pada masa pemerintahan Orde Baru, RSPAD Gatot Subroto berkembang pesat seiring dibangunnya sejumlah fasilitas pendukung serta adanya kelengkapan teknologi peralatan medis yang lebih modern. RSPAD Gatot Subroto memiliki sejumlah fasilitas dan paviliun kesehatan, yakni Paviliun Kartika, Paviliun dr. R. Darmawan. PS, Paviliun dr. Imam Sudjudi, Paviliun Anak dan Perawatan Non Paviliun. KPU (Komisi Pemilihan Umum)  menunjuk RSPAD Gatot Subroto sebagai rumah sakit tempat pemeriksaan medis bagi para Capres dan Cawapres yang akan maju dalam pemilu Presiden.

 

Sejarah mencatat sejumlah tokoh nasional Indonesia menghembuskan nafas terakhir mereka di RSPAD Gatot Subroto setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan kesehatan, diantaranya adalah mantan Presiden RI pertama, Bung Karno, Ibu Tien Soeharto dan mantan Wapres RI keempat, Umar Wirahadikusumah.