RIDWAN SAIDI

Ridwan Saidi atau biasa disapa Babe Ridwan adalah tokoh budayawan Betawi dan mantan anggota DPR RI (1977-1987) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Babe Ridwan lahir di Gang Arab atau Sawah Besar Gang VI, Jakarta pada tanggal 2 Juli 1942 dari pasangan Abdul Rahim bin Saidi dan Muhaya binti Tajeri.

 

Babe Ridwan pernah kuliah di Fakultas Publistik, Universitas Padjajaran pada tahun 1962-163 namun tidak selesai. Babe Ridwan kemudian kuliah di Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (sekarang FISIP) di Universitas Indonesia pada tahun 1963-1976.

 

Babe Ridwan dikenal sebagai tokoh yang sangat memperhatikan perkembangan kebudayaan Betawi, hal ini terbukti dengan belasan judul buku bertema sejarah kebudayaan Betawi yang sudah ditulisnya. Secara keseluruhan, Babe Ridwan mengaku sudah menulis lebih dari 70 judul buku yang temanya meliputi sejarah kebudayaan Betawi, ideologi, politik, hukum, konstitusi dan kamus politik.

 

Babe Ridwan sering diundang sebagai pembicara dan narasumber dalam sejumlah acara untuk memberikan pandangan dan pendapatnya tentang berbagai masalah yang berkaitan dengan politik, sosial dan budaya dalam kapasitasnya sebagai budayawan.