RAHMAT ABDULLAH

KH. Rahmat Abdullah merupakan ulama, budayawan, politisi sekaligus penulis Betawi kelahiran Kampung Kuningan, Jakarta Selatan pada tanggal 3 Juli 1953. Rahmat merupakan anak kedua dari empat bersaudara.

 

Rahmat dikenal cukup aktif berdakwah dan sering mengisi ceramah di sejumlah media, baik radio maupun televisi. Tulisannya juga sering dimuat pada sejumlah majalah Islam seperti Sabili, Islah, Saksi, Ummi dan Tarbawi. Pada awal tahun 1990-an, Rahmat mendirikan Islamic Center Iqro yang bergerak dalam bidang kegiatan pendidikan, sosial dan dakwah di daerah Bekasi.

 

Kiprah Rahmat di kancah politik bermula ketika dirinya menjadi salah satu pendiri PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan kemudian menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) dan Majelis Syuro PKS. Rahmat juga pernah terpilih menjadi anggota DPR RI.

 

Pada hari Selasa, 14 Juni 2005 Rahmat terserang stroke dan terjatuh saat hendak berwudhu untuk sholat Magrib. Rahmat sempat dilarikan oleh rekan-rekannya ke rumah sakit Tria Dipa Pancora tapi karena peralatan yang kurang memadai saat itu maka Rahmat  dirujuk ke rumah sakit Islam Cempaka Putih Jakarta. Namun di tengah perjalanan Rahmat menghembuskan nafas terakhirnya dan wafat dalam usia 52 tahun meninggalkan seorang istri dan tujuh orang anak.

 

Untuk mengenang perjuangan dan dedikasinya dalam berdakwah, pada tahun 2008 dirilis sebuah film tentang sosok KH. Rahmat Abdullah. Film yang disutradai oleh Zul Ardhia ini berjudul Sang Murrabi.