PUSAT GROSIR BLOK A TANAH ABANG, WISATA BELANJA

Pusat Grosir Blok A Tanah Abang atau biasa dikenal sebagai Blok A Tanah Abang merupakan pusat grosir modern dan salah satu tujuan wisata belanja terbesar di kawasan Asia Tenggara yang terletak di Jl. Fachrudin no. 1, Tanah Abang Jakarta Pusat, 10250. Hampir segala macam jenis barang dagangan tersedia di Blok A Tanah Abang, namun mayoritas didominasi oleh produk tekstil (garmen, kain, baju dan pakaian).

Wilayah Tanah Abang sendiri sudah terkenal sejak tahun 1735 sebagai kawasan pusat perdagangan tekstil yang berasal daei penjuru Nusantara. Seiring berjalannya waktu, bangunan pasar lama Tanah Abang terus berkembang dan mengalami modernisasi karena kondisinya yang sudah sangat ramai, padat dan semrawut sehingga kemudian dibangun sebuah bangunan yang lebih aman, nyaman dan mampu menampung lebih banyak pedagang maupun pengunjung. 

Blok A Tanah Abang menempati lahan seluas 13.000 m2 dengan luas bangunan mencapai +/- 160.000 m2. Jumlah kios yang tersedia adalah sebanyak 7.854 kios. Jumlah pengunjung Blok A Tanah Abang rata-rata mencapai 80.000 orang per hari yang berasal dari seluruh Indonesia serta mancanegara. Estimasi nilai transaksi bisnis dan perputaran uang di Blok A Tanah Abang mencapai kurang lebih sekitar Rp. 500 Milyar per hari.

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung dalam berbelanja, Blok A Tanah Abang menyediakan sejumlah fasilitas lengkap diantaranya pertokoan modern yang dilengkapi AC, eskalator dan lift, CCTV 24 jam, toilet, area parkir kendaraan yang memadai, Masjid dan Mushola, klinik kesehatan, ATM dari 15 bank yang berbeda, Charging Station (pusat pengisian baterei Ponsel apabila habis), layanan ekspedisi pengiriman barang (domestik maupun internasional).

Kunjungan Tokoh Dunia

Pres Jokowi bersama PM Malcolm Turnbull Blok A Tanah Abang

Foto Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull bersama Presiden Joko Widodo di Blok A Tanah Abang pada 18 Mei 2017 (Koleksi http://www.bloka-tanahabang.com)

Joko Widodo tercatat sebagai Presiden RI yang paling sering mengunjungi Blok A Tanah Abang, termasuk saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Presiden Joko Widodo sering mengajak sejumlah tamu negara maupun tokoh dunia untuk mengunjungi Blok A Tanah Abang dalam rangka menunjukkan geliat perkembangan ekonomi Indonesia khusunya di sektor perdagangan tekstil. Beberapa tokoh dunia yang pernah mengunjungi Blok A Tanah Abang bersama Presiden Joko Widodo adalah Perdana Menteri Malcolm Turnbull (Australia), Presiden Rodrigo Duterte (Filipina), Managing Director IMF, Christine Lagarde dan pendiri akun media sosial Facebook, Mark Zuckerberk.