Puri Bhakti Renatama

Puri Bhakti Renatama merupakan salah satu bangunan yang terdapat di komplek Istana Kepresidenan Jakarta dan saat ini berfungsi sebagai kantor kerja Presiden RI. Bangunan ini awalnya adalah museum yang didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto sebagai tempat untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda koleksi Istana yang berasal dari masyarakat Indonesia serta tanda mata dari Negara-negara sahabat dan koleksi pribadi Ibu Tien Soeharto.

 

Puri Bhakti Renatama berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti : Bangunan (Puri) Persembahan (Bhakti) dari Ibu Utama (Rena Utama - Renatama). Peresmian museum bertepatan dengan kunjungan Ratu Juliana dari Kerajaan Belanda pada tanggal 28 Agustus 1971. Seiring dengan bertambahnya koleksi, maka pada tanggal 15 Agustus 1983 diresmikan bangunan baru yang lebih luas.

 

Bangunan ini mulai beralih fungsi pada tahun 2001 ketika Presiden Megawati memutuskan memindahkan kantor kerja Presiden yang sebelumnya berada di Bina Graha ke Puri Bhakti Renatama dengan alasan suasana yang lebih tenang karena tidak berada persis di pinggir jalan raya. Koleksi museum tersebut sempat dipindahkan sementara ke Bina Graha sebelum akhirnya disebar ke sejumlah Istana Presiden lainnya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo juga memilih berkantor di bangunan bekas museum Puri Bhakti Renatama ini.