PULAU UBI

Pulau Ubi merupakan bekas pulau yang terdapat di kawasan Kepulauan Seribu yang kini telah tenggelam. Pulau Ubi terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Ubi Besar dan Pulau Ubi Kecil. Untuk menunjukkan dominasi kekuasaannya di Nusantara, pemerintahan Kolonial Hindia Belanda sengaja memberikan nama berbau Belanda untuk sejumlah pulau yang dikuasainya termasuk keduanya, yakni Pulau Rotterdam (Pulau Ubi Besar) dan Pulau Sehiedam (Pulau Ubi Kecil).

 

Pada tahun 1940-an terjadi perpindahan besar-besaran oleh penduduk Pulau Amiterdam (Pulau Untung Jawa) ke Pulau Rotterdam diakibatkan munculnya wabah nyamuk serta dampak kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari akibat adanya boikot perang melawan tentara pendudukan Jepang saat itu. Namun ternyata kondisi Pulau Rotterdam juga parah akibat abrasi gelombang pasang air laut sehingga mereka memutuskan kembali lagi ke Pulau Amiterdam.

 

Pulau Ubi Kecil akhirnya tenggelam pada tahun 1949 dan kemudian disusul Pulau Ubi Besar pada tahun 1956. Keduanya tenggelam akibat abrasi gelombang air laut yang mengikis pantai dan daratan pulau tersebut. Seluruh penduduknya terpaksa pindah ke Pulau Untung Jawa dan hal tersebut telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah.