PULAU PRAMUKA

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini adalah pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif  Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau Pramuka termasuk Taman Laut Nasional dengan luas 9 hektar. Masyarakat yang mendiami Pulau Pramuka sebagian besar adalah etnis Betawi, Bugis, Banten dan Madura.

 

Dahulu Pulau Pramuka adalah pulau kosong yang dihuni oleh burung elang bondol sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pulau Elang. Namun seiring perkembangan pembangunan pulau untuk perluasan pemukiman, keberadaan elang bondol pun lambat laun menghilang. Nama Pulau Pramuka sendiri berawal ketika pada tahun 1950-an dan 1960-an banyak anggota Pramuka dari Jakarta yang dikirim untuk berlatih di pulau ini sehingga akhirnya pulau ini dinamakan Pulau Pramuka.

 

Keindahan alam dan fasilitas yang cukup lengkap di Pulau Pramuka membuat pulau ini menjadikan pulau ini sebagai salah satu tujuan utama wisatawan yang hendak berkunjung ke Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka juga memiliki fasilitas penangkaran satwa Penyu Sisik  (Eretmochelys Imbricate).