Plaza Senayan, Wisata Belanja

Plaza Senayan atau biasa dikenal dengan singkatannya yakni "PS" merupakan salah satu pusat perbelanjaan ternama, mewah, terlengkap dan modern di Jakarta yang lokasinya terletak di Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Plaza Senayan dibangun pada tahun 1990-an dan dibuka pada tahun 1996 menjelang berlangsungnya event olahraga Sea Games Jakarta 1997. Plaza Senayan berada dalam kawasan komplek Gelora Bung Karno dan pengelolaannya dipegang oleh PT. Senayan Trikarya Sempana. 

Plaza Senayan termasuk dalam deretan pusat perbelanjaan favorit bagi warga Jakarta karena lokasinya yang berada di tengah kota dan gerai toko-toko dan kuliner yang cukup lengkap, bahkan Plaza Senayan bersama Pondok Indah Mall pernah menjadi destinasi tujuan utama setiap akhir pekan bagi warga Jakarta kalangan menengah atas, khususnya generasi muda pada akhir tahun 1990-an hingga pertengahan tahun 2000-an sebelum munculnya banyak pusat perbelanjaan modern lainnya di Jakarta. 

Pada tahun 2017 bagian area Food Court Plaza Senayan ditutup selama kurang lebih setahun untuk renovasi besar-besaran menyambut persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Renovasi tersebut selesai pada sekitar pertengahan tahun 2018 dengan menghadirkan konsep tampilan baru di area Food Court Plaza Senayan.

Selain bangunan pusat perbelanjaan (Plaza Senayan), pada area Plaza Senayan juga terdapat sejumlah bangunan lainnya yakni Apartemen Plaza Senayan, perkantoran Sentra Senayan, Plaza Senayan Arcadia serta Hotel Fairmont Jakarta. 

Plaza Senayan telah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya :

INDONESIA WOW BRAND 2014 AWARD : "Residential Property Developer, Shopping Mall & Retail : Best Mall in Premium Mall Category"

SHOPPERS INSIGHT AWARD : "The Best Shopping Mall in Overall Performance 2012” dan “The Best Shopping Mall in Facility Performance 2012"

MINISTRY OF TOURISM AWARDS : Top Supporting Industries – Mall Category for 2011” dan “Favorite Mall in Jakarta for 2010″