PINISI EDUTAINMENT PARK, WISATA ALAM

Pinisi Edutaiment Park terletak di Pasaraya Blok M, Lt. 9 & 10, Jalan Iskandarsyah II No 2, Jakarta Selatan. Pinisi Edutainment Park  dibangun menyerupai area pelabuhan tradisional (harbour city) dengan latar belakang kota pelabuhan, dengan luas area 6.000 meter persegi. Pinisi Edutainment Park sendiri merupakan sebuah taman bermain anak usia 2 hingga 16 tahun yang menghubungkan seni, budaya, inovasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan lingkungan, dengan memberikan peluang bagi anak-anak untuk melakukan eksplorasi dan pembelajaran melalui berbagai eksibisi interaktif, yang sekaligus memberikan pengalaman pada anak-anak mengenai berbagai hal, melalui konsep bermain sambil belajar. Secara garis besar, perpaduan dari elemen itulah menjadikan Pinisi berbeda dari taman bermain anak kebanyakan.

Pinisi Edutaintment Park mulai dibuka sejak 2011 dengan permainan Korsel, perahu bumper dan sejenisnya. Kemudian Pada 2012 ditambahkan planetarium, kelas seni tradisional dan kerajinan. Selanjutnya di tahun 2013 ditambahkan pusat Ilmu Pengetahuan di lantai 18.

Taman Ini dibuka setiap hari pukul 10:00-19:00 WIB dengan harga tiket masuk Rp.125.000,-. Pada Hari Sabtu, Minggu dan hari Libur tiket untuk orang dewasa adalah Rp. 160.000.

Dengan mengusung konsep edutaiment,Pinisi menghadirkan berbagai wahana permainan yang merangsang kreatifitas dan ketangkasan anak. Permainan itu adalah Kids Indoor Playground, Bumper Boat, Pinisi Boat, Carousel, Flying Fox, Choo-choo Train, Wall Climbing, Cyber Game, 4D Simulator dan Toodler Area.

Yang menarik dari sekian banyaknya wahana permainan, ada satu yang mencuri perhatian banyak pasang mata pengunjung, yakni Pinisi Boat. Ada sebuah kapal laut dengan ukuran besar dan terlihat kokoh berada di tengah area bermain anak. Kapal laut ini dapat dinaiki oleh anak-anak. Mereka akan diajak menikmati indahnya suasana pelabuhan tradisional Indonesia di masa silam. Pengunjung diundang untuk merasakan bagaimana menjelajahi samudera di atas kapal besar Pinisi, yang telah ditambatkan di tepi dermaga. Pinisi Boat inilah yang identik dengan Pinisi Edutaiment Park.

Semakin menjelajahi area Pinisi, aura edukasi semakin kental. Salah satunya dengan adanya area seni dan budaya. Di tempat ini, sang buah hati Anda dapat belajar aneka seni dan budaya asli Indonesia, seperti di kelas vokal, kelas angklung, kelas gamelan, kelas drama, kelas tari, kelas batik dan kelas pedalangan. Selama berada di kelas, anak-anak akan dibimbing oleh seorang pendamping yang ahli dalam bidang kelas masing-masing.

Bagi anak-anak yang menyukai ilmu pengetahuan dapat mengunjungi area Science Center. Berbagai penemuan dan teknologi manusia yang berkembang dari waktu ke waktu dapat disaksikan melalui konsep interaktif, atau melibatkan anak-anak untuk melakukan interaksi dengan berbagai alat peraga yang sudah disediakan. Puas bermain dan belajar di Pinisi, kini saatnya bertandang ke Planetarium, yang sekaligus merupakan Planetarium layar datar pertama di Indonesia. Di tempat ini, anak-anak akan menyaksikan sebuah film dokumenter berdurasi 30 menit dengan judul “Dawn of The Space Age”. Film ini menampilkan pengenalan benda langit melalui stelarium. Usai menyaksikan film, anak-anak dapat berfoto layaknya seorang astronot lengkap dengan pakiannya di both yang sudah disediakan. Seru ya!

Keseruan di Pinisi Edutaiment Park akan semakin bertambah dengan adanya sosok Pino dan Pini. Mereka ini adalah maskot dari Pinisi Edutaiment Park. Mereka merupakan kakak beradik dari sebuah keluarga sederhana dan memiliki karakter sebagai anak yang pandai, pemberani, kreatif, kuat dan menyukai dunia seni.