Pertandingan Sepakbola "battle Of Red" (2013), Peristiwa

Battle of Red merupakan event pertandingan sepakbola yang dipromotori oleh MC Pro Enterprise antara tim legenda Manchester United (MU Legend) melawan tim legenda timnas Indonesia (Indonesia Legend) yang digelar di stadion Gelora Bung Karno pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2013. Maksud dari RED dalam Battle of Red tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari Retired Extremily Dangerous atau sudah pensiun tapi masih sangat berbahaya. Bintang utama sekaligus yang menjadi sorotan dalam pertandingan sepakbola Battle of Red ini adalah Michael Owen yang saat itu baru memutuskan pensiun dari karir sepakbola profesionalnya. Owen dikenal dengan aksinya yang memukau saat tampil memukau membela timnas Inggris pada Piala Dunia Perancis 1998. Sepanjang karirnya, Owen memperkuat sejumlah klub, yakni Liverpool, Real Madrid, Newcastle United, Manchester United dan Stoke City. 

Selain bertanding melawan Indonesia Legend, para pemain MU Legend juga memiliki sejumlah kegiatan selama berada di Jakarta, diantaranya pelatihan sepakbola untuk anak usia dini (coaching clinic) di Stadion Gelora Bung Karno dan kegiatan jumpa penggemar yang diadakan di Hotel Atlet Century Park Senayan. Rombongan pemain MU Legend sendiri menginap di Hotel JW Mariott di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. 

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, Indonesia unggul lebih dulu lewat gol yang diciptakan oleh Elie Aiboy pada menit ke-6. Semenit kemudian, Firman Utina menambah keunggulan Indonesia. Ketidaksigapan kiper United Nick Culkin membuat Elie kembali melesakkan bola ke gawangnya pada menit ke-21. Empat menit kemudian, M. Ridwan menambah keunggulan Indonesia menjadi 4-0.

United baru bisa memecah kebuntunan pada menit ke-36 saat Louis Saha bergerak dari tengah. Saha mempertontokan aksi menggocek bola hingga masuk ke kotak penalti. Ia melepaskan tendangan mendatar keras ke sudut kanan gawang Kurnia Sandy yang tak bisa diantisipasi.

Pada dua menit terakhir di babak pertama, Quinton Fortune dan Michael mempertipis ketertinggalan. Fortune mencetak gol pada menit ke-38 sedangkan Owen menutup babak pertama dengan tendangan mendatar ke sudut kiri gawang Kurnia yang tak bisa diantisiapasi.

Menit pertama di babak kedua, Indonesia menambah keunggulan. Kurniawan Dwi Yulianto, yang baru masuk, memanfaatkan umpan terobosan dan memberi umpan ke depan kotak penalti. Culkin yang tak bisa mematahkannya harus rela gawangnya dijebol dengan mudah oleh Zaenal Arif yang berada tepat di depan gawang.

Pada menit ke-49, Saha mempertipis ketertinggalan menjdi 5-4. Lolos dari offside, Saha menjebloskan bola ke gawang Hendro Kartiko dengan bola lambung. Namun, pada menit ke-56 Kurniawan menambah keunggulan menjadi 6-4 melalui tendangan penalti.

Pada menit ke-70 Indonesia menambah keunggulan lewat gol Kurniawan Julianto yang menyambut umpan mendatar dari sisi kiri luar kotak penalti. Skor 7-4 untuk Indonesia.

Dua gol terakhir dari United dicetak pada menit ke-74 oleh Michael Owen dan menit ke-75 oleh Jesper Blomqvist, yang melepaskan tendangan melambung yang keras dari luar kotak penalti, menyambut bola tepisan Hendro. Skor akhir 7-6 untuk kemenangan tim legenda Indonesia.

Khusus bagi Michael Owen, pertandingan ini terasa sangat istimewa karena dalam pertandingan inilah Owen pertama kalinya tampil secara penuh selama 90 menit. Sebelumnya  selama beberapa tahun terakhir Owen lebih sering tampil selama beberapa menit saja dalam hampir setiap pertandingan karena seringnya mengalami cedera.

Daftar pemain MU Legend :

Michael Owen, Quinton Fortune, Louis Saha, David May, Paul Parker, Keith Gillespie, Jesper Blomqvist, Lee Sharpe, Ronny Johnsen, Clayton Blackmore, Lee Martin, Russel Beardsmore, Ben Thornley, Nick Culkin.

Daftar pemain Indonesia Legend :

Hendro Kartiko, Kurnia Sandi, Anang Ma’ruf, Ismed Sofyan, Bima Sakti, Ponaryo Astaman, Ellie Aiboy, Maman Abdurrahman, Errol FX Iba, M. Ridwan, Budhi Sudharsono, Charis Julianto, Gendut Doni, Firman Utina, Bejo Sugiantoro, Kurniawan Dwi Yulianto, Bambang Pamungkas, Zainal Arif.

Harga tiket Battle of RED :

VVIP : Rp. 1.000.000,-
VIP Barat : Rp 475.000,-
VIP Timur : Rp. 370.000,-
Kelas I : Rp. 225.000,-
Kelas II : Rp. 140.000,-
Tribun Atas : Rp 55.000,-

Keterangan : Harga Tiket Seluruh Kategori ditambah Rp. 10.000,- untuk biaya cetak tiket.