Penombak, Patung

Patung Penombak merupakan patung karya seniman Argentina, Roberto Juan Capurro. Patung yang terbuat dari perunggu dan memiliki tinggi sekitar 85 cm ini merupakan bagian dari koleksi seni milik Istana Kepresidenan RI. Patung ini pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia setelah dimasukkan dalam buku katalog Koleksi Lukisan dan Patung Koleksi Presiden Soekarno dari Republik Indonesia susunan Lee Man Fong tahun 1964. Patung ini sempat dipamerkan kepada masyarakat umum pada acara Pameran Koleksi Seni Istana Kepresidenan RI bertajuk Indonesia Semangat Dunia yang digelar di Galeri Nasional Jakarta pada bulan Agustus 2018.

Sejarah Patung Penombak

Dalam kunjungan kenegaraannya ke Argentina tahun 1959, Presiden Soekarno melihat patung Sang Penombak di museum seni La Boca dan menyatakan kekagumannya terhadap patung tersebut. Presiden Argentina Argentina, Dr. Arturo Frondizi langsung menawarkan sebuah edisi patung edisi patung tersebut sebagai kenang-kenangan atas kunjungan Presiden Soekarno ke Argentina.

Presiden Soekarno menerima tawaran tersebut dan mengatakan bahwa patung tersebut akan ditempatkan di taman Istana Kepresidenan bersama patung-patung dari perupa terkenal dunia. Bagi Presiden Soekarno, sosok penombak dalam patung tersebut sangat sesuai dengan semangat perjuangan yang ingin disampaikan kepada masyarakat Indonesia yang sebenarnya juga merupakan bangsa pelaut. 

Tentang Roberto Juan Capurro

Capurro merupakan seniman perupa Argentina kelahiran Buenos Aires tahun 1903. Capurro dijuluki sebagai "Pematung Laut" oleh dunia kesenian pada masanya. Capurro menempuh pendidikan di National School of Fine Arts dan lulus dengan gelar National Professor of Drawing pada tahun 1921. Capurro mulai menyertakan karyanya di tahun 1920-an di Municipal dan Provinvicial Hall di sejumlah negara seperti Argentina, Brazil, Bolivia dan Italia. Tahun 1943 Capurro menggelar pameran tunggal di Modern Gallery of Buenos Aires dan kemudian mengajar di School of Fine Arts, University of Plata. 

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Capurro antara lain : Juara 3 National Prize (1926), Juara 2 Municipal Prize (1929 dan 1933), Juara 1 Municipal Prize (1940) melalui karyanya, Song of the Sea.

Capurro meninggal dunia di Buenos Aires pada tahun 1971.