Pemancingan Pantai Indah Kapuk, Wisata Alam

Pemancingan Galatama Ikan Mas Pantai Indah Kapuk lebih terkenal dnegan pemancingan PIK yang terletak di belakang hutan mangrove PIK. Di sebelah jalan raya Pantai Indah Selatan 2, Penjaringan Jakarta Utara. Pemancingan PIK memiliki luas sekitar 200×36 meter persegi (kolam saja), sebanyak 124 lapak aktif, dengan 63 lapak saling berhadapan dengan jarak antar lapak sekitar 2,5 meter dengan timbangan ada sebanyak 4 pos.

Di kolam pemancingan PIK , terdapat berbagai macam jenis ikan salah satu nya adalah ikan mas yang panjang dan memiliki berat sekitar 3kg sampai 6kg. Sedangkan untuk ikan mas indukan memiliki berat 7 kg sampai dengan 12 kg per ekornya.

Umpan galatama yang diijinkan oleh pihak pengelola hanya aci/cendil/sagu dan pellet yang diberikan aroma pancing, biasanya berbentuk essen baik essen satuan ataupun berupa umpan oplosan galatama yang sudah siap pakai, tapi ada beberapa aroma yang dilarang keras yaitu : usar, sereh, dan nilam, jika mengunakan bahan aroma tersebut akan terkena diskualifikasi oleh pihak panitia PIK.

Mengenai sistem dan hadiah yang diberlakukan adalah  pertama mengenai peraturan piranti, maksimal kail yang diperbolehkan adalah rangkaian 3 mata kail gandeng dengan besar kail minimal adalah kail no. 6 dengan timah bemper pemberat no. 7 dan 8, sedangkan untuk main line atau kenur utama bebas, demikian juga joran dan reel bebas tipe apa saja.

Perlombaan galatama berlangsung selama 3 jam, selama periode memancing pihak panitia akan mengumumkan hasil perolehan tangkapan ikan para pemancing biasanya setiap jam sekali, dengan menyebutkan nominasi sementara juara lomba tersebut, lomba akan selesai pada saat panitia menghitung satu dua dan tiga, jika ada ikan yang berhasil dinaikkan sebelum aba-aba tersebut, maka ikan tersebut akan di sah kan oleh pihak panitia

Hadiah yang diperebutkan dengan peserta diatas 90 peserta adalah :

  1.  Juara Ikan Induk Pertama Terberat (Juara 1)
  2.  Juara Ikan Induk Kedua Terberat (Juara 2)
  3.  Juara Ikan Induk Ketiga Terberat (Juara 3)
  4.  Juara Ikan Induk Keempat Terberat (Juara 4)
  5.  Juara Ikan Induk Merah Terberat (Juara Ikan Merah)
  6.  Juara Ikan Terbanyak (Juara Prestasi)

Selain hadiah untuk juara tersebut diatas masih ada lagi kategori juara ekstra induk terberat, dan juara ekstra induk merah terberat, tapi ini sifatnya opsional jadi boleh ikut dan boleh tidak ikut, biasanya terpisah dari harga tiket utama yang berlaku pada hari tersebut, besaran tiket galatama di pemancingan PIK adalah antara 100rb sampai 200rb per ronde/ 3jam, sedangkan tiket ekstra antara 50rb sampai 100rb.

Jenis ikan di pemancingan PIK ini adalah jenis ikan mas yang panjang, dengan berat ikan rame sekitaran 3 kg sampai 6 kg, dan ikan induk antara 7 kg sampai dengan 12 kg per ekornya.

Selain itu pemancingan PIK memiliki area parkir mobil dan motor yang sangat luas dengan pengamanan ketat oleh pihak skuritinya, dan kalau  lapar maka kantik di PIK juga menyediakan makanan yang enak dengan hidangan khas indonesia untuk anda santap sebelum terjun mancing galatama.

 

Lokasi Pemancingan Pantai Indah Kapuk (PIK)

Jl. Pantai Indah Selatan Sektor Timur-Selatan
Jakarta Utara - DKI Jakarta

Telepon (021) 921-8826