Pemancingan Galatama Telaga Mina Tmii, Wisata Alam

Pemancingan Telaga Mina adalah kolam ikan dijadikan sebagai tempat mancing bagi para penggemar mancing untuk mengisi waktu luang. Kolam ini terletak di bagian belakang atau kawasan timur TMII, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, berada di antara Museum Listrik & Energi Baru dan Taman Budaya Toinghoa. Pada hari Minggu dan saat liburan tempat ini ramai dikunjungi para pemancing yang datang dari dalam dan luar kota.

Wisata Pemancingan Telaga Mina di Cipayung DKI Jakarta Timur Jakarta adalah kolam ikan yang dapat dijadikan sebagai tempat mancing bagi para penggemar mancing untuk mengisi waktu luang. Kolam ikan memiliki ukuran kurang lebih 1.000 m2 dan merupakan kolam pemancingan terluas yang ada di Jakarta. Pemancingan Telaga Mina menjadi tempat pemacingan yang ideal dengan pengaturan tata tamannya yang asri dan teduh. Pemancingan Telaga Mina bukan sekedar sarana untuk tempat memancing melainkan juga tempat kegiatan olah raga, olah rasa dan rekreasi yang menyenangkan.

Dengan jumlah total sebanyak 90 lapak, dan jarak antar lapak sekitar 2 meteran, pemancingan telaga mina sangat asri berada di tengah – tengah miniaturnya indonesia (taman mini indonesia indah), lokasi persisnya dari telaga mina adalah bersebelahan dengan museum listrik. Kolam ini merupakan kolam pemancingan galatama, yakni memancing dengan sistem kompetisi dengan batasan 2 joran dengan waktu 2 jam sampai 3 jam yang disebut babak atau ronde.  Setelah pertandingan usai ikan ditimbang untuk mengetahui perolehan total berat ikan terbesar. Ikan hasil tangkapan tidak dibawa pulang melainkan diceburkan kembali ke dalam kolam setelah dilakukan penimbangan. Pemenangnya adalah pemancing yang memperoleh tangkapan terberat.

Untuk peraturan mancing hampir sama dengan kolam galatama lainnya, hanya perolehan hadiah jackpot nya saja yang berbeda, umpan yang diperbolehkan adalah lindung, aci/sagu, dan pellet yang telah dihaluskan

Kalau soal makanan, telaga mina juga menyediakan kantin yang bisa juga jadi tempat istirahat yang nyaman dengan udara yang sejuk sepoi-sepoi membuat mata jadi mengantuk, wah bisa ga jadi mancing nanti hahaa…

Pemancingan Telaga Mina pada kesempatan tertentu menggelar berbagai kejuaraan besar untuk perebutan piala dan sejumlah hadiah, misalnya kejuaraan untuk memperebutkan piala Jendral Manajer pada setiap ulang tahun TMII, piala Gubernur DKI Jakarta dan kejuaraan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI. Pemenang dalam kompetisi adalah pemancing dengan tangkapan terbanyak serta ikan hasil tangkapan diceburkan kembali ke dalam kolam setelah dilakukan penimbangan.

Biaya atau tarif untuk masuk ke dalam tidak begitu mahal. Hanya perlu membayar di pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah ( TMII). Tarif masuk pengunjung sebesar Rp, 10.000,- per orang. Namun ketika ingin memancing harus membayar lagi sesuai permintaan paket.

Lama waktu berkunjung sama dengan jam berkunjung di TMII yaitu mulai dari pukul 07:00 Pagi sampai jam 10:00 Malam. Namun untuk memancing di Telaga Mina biasanya hanya dari pukul 06:00 pagi hingga sore.