PEMANAH, PATUNG

Patung Pemanah merupakan salah satu patung koleksi Istana Kepresidenan RI karya seniman Hongaria, Zsigmond Kisfaludi Strobl dan terletak di halaman depan Istana Negara menghadap Jl. Veteran, Jakarta Pusat. Patung Pemanah karya Strobl tersebut dibuat dengan bahan dasar perunggu dan memiliki tinggi kurang lebih sekitar 225 cm. Awalnya patung tersebut oleh Presiden Soekarno ditempatkan di komplek Istana Kepresidenan Jakarta lalu dipindahkan ke salah satu sudut halaman Istana Bogor, Jawa Barat sebelum akhirnya menempati halaman depan Istana Negara seperti saat ini.

Sejarah Patung Pemanah

Zsigmond Kisfaludi Strobl (1884-1975) merupakan salah satu seniman patung terkenal asal Hongaria. Strobl pernah menjadi tentara yang turut bertempur dalam Perang Dunia I. Pengalamannya bertempur membuatnya terinspirasi membuat patung yang ekspresif dalam mengorbankan semangat perjuangan. Gaya artistiknya banyak dipengaruhi oleh pematung Perancis, Antoine Bourdelle (1861-1929) yang juga pernah membuat patung pemanah berjudul Hercules The Archer pada tahun 1906-1909. 

Dalam kunjungan kenegaraan ke Hongaria pada tahun 1960 dan 1961, Presiden Soekarno yang dikenal memiliki selera seni yang tinggi menyempatkan diri untuk mengunjungi studio Strobluntuk memesan belasan patung termasuk patung pemanah ini. Presiden Soekarno beranggapan bahwa pemanah merupakan lambang ksatriaan bangsa Timur dan Selatan sehingga beliau sangat meyukai patung pemanah tersebut. 

Mengetahui apresiasi dari Presiden Soekarno yang begitu besar terhadap karyanya tersebut, Strobl kemudian membuat patung berjudul Perempuan Indonesia (Indonez no) pada tahun 1963.

Melihat Patung Pemanah dari Dekat

Mengingat patung pemanah merupakan salah satu koleksi seni Istana Kepresidenan yang terletak di dalam komplek Istana yang merupakan kantor sekaligus kediaman resmi Presiden RI maka tidak semua masyarakat dapat melihat dari dekat patung ini dengan alasan faktor keamanan. Masyarakat umum baru berkesempatan melihat dari dekat patung ini saat berlangsungnya kegiatan pameran seni koleksi Istana Kepresiden RI yang bertajuk Indonesia Semangat Dunia yang digelar di Galeri Nasional Jakarta dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 serta berlangsungnya ajang pesta olahraga Asian Games 2018.