PEJUANG SOVIET SANG PEMBEBAS, PATUNG

Patung Pejuang Soviet Sang Pembebas merupakan patung karya seniman Soviet, Yevgeny Viktorovich Vuchetich. Patung yang terbuat dari perunggu dan memiliki tinggi sekitar 82 cm ini merupakan bagian dari koleksi seni milik Istana Kepresidenan RI. Patung ini pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia setelah dimasukkan dalam buku katalog Koleksi Lukisan dan Patung Koleksi Presiden Soekarno dari Republik Indonesia susunan Lee Man Fong tahun 1964. Patung ini sempat dipamerkan kepada masyarakat umum pada acara Pameran Koleksi Seni Istana Kepresidenan RI bertajuk Indonesia Semangat Dunia yang digelar di Galeri Nasional Jakarta pada bulan Agustus 2018.

Tentang Patung Pejuang Soviet Sang Pembebas

Patung perunggu ini menggambarkan tentang seorang prajurit Soviet yang tengah berdiri di atas lambang swastika yang hancur milik Nazi Jerman. Tangan kanan patung ini memegang sebilah pedang panjang, sementara lengan kirinya tampak tengah menggendong seorang anak Jerman. Patung ini dibuat berdasarkan aksi heroik seorang tentara Sovie, Sersan Nikolai Masalov yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan seorang anak perempuan Jerman yang kehilangan ibunya dalam pertempuran di Berlin pada April 1945. Dalam pembuatan patung ini, Vuchetich menggunakan model seorang tentara Soviet bernama Ivan Odarchenko. Salah satu edisi dari prototype patung ini diberikan sebagai hadiah kepada Presiden Soekarno oleh Angkatan Bersenjata Uni Soviet pada 11 September 1956. 

Tentang Yevgeny Viktorovich Vuchetich

Yevgeny Viktorovich Vuchetich merupakan seniman Soviet kelahiran Dnipro, Ukrania tahun 1908. Vuchetich dikenal sebagai seniman yang banyak menghasilkan karya patung monumental pada masanya. Bakat seninya mulai berkembang sejak bersekolah di Rostov Art School dan kemudian melanjutkan pendidikannya di The Institue of Proletarian Art, dimana karya-karya Vuchetich mulai menunjukkan nilai dan kesan patriotik. Salah satu karyanya yang terkenal  adalah Memorial Volgograd.

Pada tahun 1949 Vuchetich mendapatkan kepercayaan untuk membangun patung pejuang Soviet yang sekarang terdapat di Terptower Park Belin, Jerman. Vuchetich meninggal dunia di Moskow pada tahun 1974.