PEJATEN VILLAGE, WISATA BELANJA

Pejaten Village atau lebih dikenal masyarakat dengan nama "Penvil" merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang berlokasi di Jl. Warung Jati Barat No. 39, Pasar Minggu Jakarta Selatan 12550. Lokasinya tepat berada di seberang kantor harian umum Republika. Sejumlah tenant penyewa di Penvil antara lain adalah TB Gramedia, Cinema XXI, Matahari, Hypermart, Hanamasa, Batik Keris, JCO Donuts & Coffee, A & W dan Burger King. Penvil merupakan bagian dari jaringan Lippo Malls milik PT Lippo Karawaci, Tbk yang mengelola 68 pusat perbelanjaan modern pada 34 kota di seluruh Indonesia. 

Pembangunan Penvil sempat terhenti selama beberapa tahun sebelum mulai dilanjutkan kembali pada sekitar tahun 2007 dan akhirnya dapat diselesaikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2008. Bangunan utama Penvil terdiri dari enam lantai, yakni LG, GF, UG, L1, L2 dan L3. Terdapat gedung area khusus parkir bertingkat pada bagian belakang bangunan utama serta dua lantai parkir basement pada bangunan utama. Fasilitas lainnya yang terdapat pada Penvil adalah toilet, lift dan eskalator, Mushola serta ruang menyusui.

Selain sebagai pusat perbelanjaan dan rekreasi keluarga, Penvil juga sering mengadakan sejumlah kegiatan yang digelar di area Main Atrium seperti talkshow, peragaan busana, perlombaan untuk anak sekolah, penampilan kesenian dan budaya hingga hiburan konser musik. Penvil juga memiliki program "Pejaten Loyalty Programs" dimana pengunjung bisa mengumpulkan point untuk setiap transaksi belanja dan kemudian ditukarkan dengan sejumlah rewards keuntungan.

Kebakaran

Pada hari Selasa tanggal 13 November 2018 sekitar pukul 20.30 WIB, salah satu area Ground Floor atau lantai dasar yang terdapat di Penvil mengalami insiden kebakaran yang diduga merupakan akibat korsleting listrik pada ruang kontrol panel utama. Akibatnya asap langsung mengepul dan membuat pengunjung panik berhamburan keluar dan berusaha menyelamatkan diri. Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api kecil yang terdapat pada ruang kontrol panel utama tersebut sehingga tidak cepat menyebar ke bagian lain bangunan Penvil. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.