PASAR KRAMAT JATI, PASAR

Pasar Kramat Jati adalah salah satu pasar yang terletak di Jakarta Timur yang menjual berbagai macam produk barang dan jasa, mulai dari pakaian, obat, ikan, daging, sayuran, buah dan sembako. Pasar Kramat Jati terletak di Jl. Raya Bogor Kp. Tengah, RT.9/RW.7, Kramat Jati, Jakarta Timur. Pengelolaan pasar ini berada di bawah PD. Pasar Jaya. Untuk menuju Pasar Kramat Jati dapat menggunakan fasilitas angkutan umum TransJakarta ke arah PGC dan selanjutnya mengambil jalur ke Halte Pasar Kramat Jati.

Revitalisasi Pasar Kramat Jati

Kondisi dan usia Pasar Kramat Jati yang sudah tua membuat Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi pasar ini. Proses revitalisasi dilakukan sejak tanggal 2 Juli 2015 hingga tanggal 31 Mei 2018. Tampilan bagian depan pasar yang semula kuno dirubah dengan menggunakan Alumunium Composite Panel (ACP) sehingga terkesan lebih modern dan menarik. Sejumlah fasilitas peralatan mekanikal dan elektrikal juga diperbarui yang meliputi Fire Hidrant, Plumbing air bersih dan kotor dan juga penggantian kabel-kabel lama yang sudah tidak layak lagi serta perbaikan lahan parkir. Revitalisasi Pasar Kramat Jati menghabiskan biaya sekitar Rp 26,7 miliar. Revitalisasi juga mencakup penguatan pondasi connecting bridge, cor parkiran, pengantian plafon, pengecatan dan perbaikan saluran air. Selain perbaikan juga dilakukan pembangunan toilet berstandar A, Pembangunan masjid, pembangunan pos keamanan dan perbaikan kantor pengelola (Kantor Pasar). Pasar Kramat Jati berdiri di lahan seluas 18.715 meter persegi, sedangkan bangunan dan sarana pendukung seluas 27.874 meter persegi. Tempat usahanya sendiri ada sebanyak 1800 TU yang terdiri dari 1.509 Kios dan 291 Los. Peresmian Revitalisasi Pasar Kramat Jati dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan pada tanggal 13 Agustus 2018.

Lokasi Nobar Final Piala Dunia 2018

Pasca revitalisasi, Pasar Kramat Jati menjadi salah satu lokasi pelaksanaan acara nobar pertandingan sepakbola final Piala Dunia 2018 antara Perancis melawan Kroasia pada hari Minggu, 15 Juli 2018 DKI Jakarta yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya. Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiago Uno, Walikota Jakarta Timur, M Anwar dan Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasruddin. Wagub Sandiaga hadir dengan mengenakan kaos dengan logo klub sepakbola ibukota, Persija Jakarta.