PARADE LAGU DAERAH GITA PERMANA NUSANTARA KE-35 TMII

Parade lagu daerah, Gita Permana Nusantara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), digelar sejak tahun 1983. Merupakan wadah pelestarian dan pengembangan budaya bangsa. Selain itu, Parade ini adalah edukasi karya cipta lagu daerah agar bisa di cintai masyarakat khususnya generasi muda.

Pada Sabtu 8 Desember 2018 di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta, dengan tema “Cinta Damai dan Toleransi dalam kehidupan Masyarakat”. Parade lagu daerah ke-35 di gelar, dengan diikuti 19 peserta dari berbagai Provinsi Indonesia.

Penyelenggaraan parade lagu daerah ini, hasil kerjasama TMII dengan berbagai pihak, utamanya pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Kementerian,  yang telah mengirimkan Duta Seni terbaiknya untuk tampil di ajang yang digelar di TMII. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, juga mengikuti Parade kebudayaan lagu daerah yang digelar oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, dengan menampilkan semua kesenian yang di miliki oleh Betawi. Melalui kegiatan ini, kebudayaan Betawi diharapkan semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya yang tinggal di Ibu kota

Adapun kriteria penilaian dalam Parade ini, terkait penciptaan lagu, komposisi nada, lirik dan syair yang menarik. Dukungan ilustrasi musik dengan berbagai tatanan kreativitas yang harmoni, juga menjadi penilaian para dewan juri. Para juara, selain mendapat piala, piagam juga mendapatkan uang pembinaan dari manajemen TMII.

Dari hasil penilaian para juri, di tetapkan pemenang untuk Kategori Pencipta Lagu Terbaik yang berhasil di raih oleh Provinsi DKI Jakarta, pemenang Penata Musik Terbaik dari Provinsi Riau, Kategori Penyanyi Terbaik di raih oleh  Provinsi Jawa Barat. Dan Kategori Penyaji terbaik di raih oleh Provinsi Riau.