Parade Betawi Spesial Meriahkan Malam Tahun Baru 2019 Di Jakarta, Parade

Pemerintah  Kota Jakarta Selatan menetapkan kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, menjadi lokasi puncak perayaan malam pergantian tahun pada Senin (31/12/2018) malam.

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, pihaknya  menyuguhkan sajian berbeda dari perayaan malam tahun baru di sejumlah lokasi lain di Jakarta, tidak ada pesta kembang api melainkan menggantinya dengan parade kesenian khas Betawi.

Tujuan digelarnya Parade Betawi di malam pergantian tahun itu untuk memberi kesempatan kepada penggiat seni budaya, komunitas, maupun sanggar dalam menampilkan kreatifitasnya, serta untuk memanfaatkan ruang terbuka di PBB Setu Babakan sebagai tempat untuk menampilkan sebuah pergelaran yang bermanfaat untuk masyarakat.

Masyarakat menunggu pergantian tahun sambil menikmati seni budaya  Betawi yang ditampilkan. Adapun sejumlah pertunjukan yang  digelar di malam Tahun Baru tersebut seperti gambus, marawis, gambang kromong, lenong dan kesenian lainnya. Selain itu, ada juga pertunjukan fashion show yang  diikuti oleh 30 Abang None Jakarta, dengan menggunakan Batik asli khas Betawi, yakni Batik Tarogong.

Kemudian, pada detik pergantian hari, pesta kembang api yang biasa dilakukan, diganti dengan tabuh Rebana Biang, yang merupakan  salah satu alat musik tradisional dan kesenian asli Betawi. Hal ini di maksudkan untuk menonjolkan Kesenian dan kebudayan Betawi kepada masyarakat.