Parade Asian Games 2018 Di Jakarta Dan Palembang

Jakarta dan Palembang menggelar parade Asian Games 2018 secara serentak sebagai satu aksi untuk menggaungkan pesta olahraga se-Asia.  Parade Asian Games ke 18 ini,  begulir Minggu (13/5/2018) di Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin dan di ikuti oleh lima ribu peserta. Mereka berasal dari komunitas olahraga, sekolah fashion, komunitas tari, sepeda, sepatu roda, skateboard, dan gerobak hias, hingga marching band serta color guard. Juga pagelaran Jember Fashion Carnival yang dipimpin langsung oleh Dynand Fariz. Dan Parade ini juga  digelar dalam waktu yang sama di Palembang, yang juga tuan rumah penyelenggaraan Asian Games, dengan 2.018 peserta (menyesuaikan dengan tahun penyelenggaraan Asian Games). Menariknya, panitia penyelenggara menyediakan penghargaan bagi pemenang beberapa kategori. Yakni, dari kategori kostum, konsep, dan interpretasi tema Asian Games 2018, Energi Asia, terbaik. 

Pelepasan Parade Asian Games ke XVIII 2018 Jakarta-Palembang di lapangan silang Monas Jakarta, di lepas oleh Wakil Presiden M. Jusuf Kalla,  didampingi Menteri PUPR Basuki H, menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Panitia Asian Games Erick Thohir, serta kepala Bekraf Triawan Munaf.

Tujuan dari parade ini adalah untuk menggelorakan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Dengan parade ini di harapkan masyarakat Jakarta bisa turut berpartisipasi dan menikmati ragam atraksi yang disajikan, sekaligus sebagai edukasi bagi masyarakat, terutama pengenalan akan kekayaan budaya nusantara yang dibalut oleh sentuhan kontemporer.

Parade Asian Games 2018 di Ibukota dimulai dari areal taman Monas, memutar balik di depan Gedung Sarinah dan rombongan parade mengakhiri parade di depan kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Selama parade berlangsung, disajikan hiburan dari performance DJ Nikki Frazetta serta Stand-Up Comedy.  Sedangkan Rute Parade Asian Games di Palembang, di mulai dari Simpang Empat gedung DPRD Jalan Kapten A. Rivai hingga Kambang Iwak Park, yang juga di ramaikan oleh sejumlah artis.