PANTAI MARINA ANCOL, WISATA ALAM

Marina Ancol atau Marina Bay tidak hanya dikenal sebagai tempat penyeberangan menuju Kepulauan Seribu. Dermaga tersebut juga menyimpan potensi wisata indah bernama Pantai Marina.

Terdapat beberapa dermaga di Marina Ancol. Karena itu tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menyeberang ke pulau non resort. Seperti ke Pulau Tidung, Pramuka, Untung Jawa, Kelapa, Pari, dan Panggang. Terdapat lima dermaga yang memiliki tujuan berbeda. Jam berangkatnya berkisar mulai jam 8-10 pagi. Namun jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Pantai Marina termasuk dalam kawasan tempat rekreasi terpadu Taman Impian Jaya Ancol. Pantai tersebut memang tidak seluas Pantai Carnaval karena hanya memiliki garis pantai sepanjang 500 meter. Meski demikian panorama yang ditawarkan tidak kalah menakjubkan dengan pantai lain di area yang sama. Di sana pengunjung bisa mengamati Kepulauan Seribu yang berjarak 110 mil dari bibir pantai. Bagian tepi pantainya juga sejuk dengan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh. Pemandangan matahari terbenam di pantai tersebut juga merupakan panorama favorit yang paling ditunggu para pengunjung.

 

Pinggiran Pantai Marina dilengkapi dengan tanggul serta jogging track sehingga nyaman untuk berjalan-jalan atau bersepeda. Marina Ancol adalah tempat yang menarik untuk diabadikan dalam jepretan foto. Biasanya para pengunjung gemar bergaya dengan latar belakang dermaga bergaya kosmopolitan. Kapal yang berjajar rapi juga menjadi titik yang sering diabadikan para pengunjung. Marina Ancol memang merupakan marina atau pelabuhan khusus kapal pesiar terlengkap di tanah air. Fasilitasnya juga lengkap mulai dari dockyard, pusat komunikasi, tempat pengisian bahan bakar, hingga ruang pamer kapal.

Marina Ancol juga dikenal sebagai destinasi wisata air ternama di ibukota. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan memancing. Berbagai kegiatan liburan lain seperti bermain jet sky, kano, dan wind surfing bisa dilakukan di sana. Pantai Marina juga dikenal sebagai salah satu diving spot yang indah di Teluk Jakarta. Pantai Marina juga merupakan destinasi wisata kuliner yang lengkap. Di sepanjang pantai terdapat kafe dan restoran yang menawarkan olahan seafood lezat. Jadi sambil bersantap Anda dapat mengamati pemandangan pantai dan laut khas Indonesia yang eksotis.

Marina Ancol bisa dikunjungi menggunakan bus jalur P22 dari Tanjung Priok atau Terminal Grogol. Angkutan umum tersebut akan mengantar penumpang sampai halte dekat pintu masuk Ancol di Jalan Lodan Raya. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki selama beberapa menit untuk sampai Pantai Marina.