Pantai Festival, Wisata Alam

Jika di sisi bagian timur Taman Impian Jaya Ancol pengunjung bisa menemukan Pantai Carnaval, maka di sebelah barat taman rekreasi terpadu tersebut Anda bisa menemukan Pantai Festival. Pantai itu terletak di Jalan Lodan Timur, Pademangan, Jakarta Utara.

Pantai Festival tidak hanya strategis dan mudah dikunjungi. Tempat rekreasi tersebut juga menawarkan pemandangan indah. Selain panorama Laut Jawa, pengunjung juga dapat mengamati siluet bangunan-banguan tinggi di pesisir utara ibukota. Dari kejuahan Anda bisa melihat pembangkit listrik di Muara Angke dan Priuk serta beberapa gedung pencakar langit. Beberapa perahu nelayan juga tampak tertambat atau berlalu-lalang di perairan.

Suasana pesisir utara yang tenang membuat Pantai Festival Ancol diminati sebagai tempat bersantai. Ombak laut juga tidak begitu besar sehingga cukup aman untuk berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Angin laut serta cuaca panas terhalang oleh pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai. Suasana inilah yang membuat tempat rekreasi tersebut selalu ramai dikunjungi terutama saat hari libur dan akhir pekan. Biasanya pengunjung menghabiskan waktu dengan bermain pasir atau air.

Pantai Festival memiliki dermaga kayu yang sengaja dibuat untuk menikmati keindahan alam. Bagian tersebut juga merupakan titik favorit untuk mengambil foto kenangan. Tidak jauh dari dermaga, terdapat breakwater yang dipenuhi batu karang. Di sampingnya terdapat pedestrian yang biasa digunakan untuk berjalan kaki atau jogging. Bila tidak ingin terlalu lelah, Anda bisa menyewa sepeda untuk menyusuri pantai.

Pengunjung Pantai Festival Ancol bisa menyewa perahu khusus bila ingin menjelajahi laut sekitar pantai. Agar terhindar dari terik matahari, Anda dan keluarga bisa menyewa tenda yang banyak dijajakan di area rekreasi. Bila ingin mengamati pemandangan dari atas, silakan naik gondola yang mengelilingi Ancol Jakarta Bay City. Lupa membawa bekal? Tidak perlu khawatir. Banyak kafe dan restoran yang menjajakan makanan dan aneka snack di tepi pantai.  Ada pula kios cinderamata bagi yang ingin berbelanja oleh-oleh.

Pantai Festival Ancol dapat dikun jungi menggunakan bus jalur P22 dari Tanjung Priok atau Terminal Grogol. Kendaraan tersebut akan mengantarkan penumpang sampai halte di depan pintu masuk utama Ancol. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki kea rah pantai yang dituju.